tinjauan hukum islam terhadap jual beli nener dan benur dengan sistem rean di kelurahan keputih kecamatan sukolilo kota surabaya

Wicahyo, Irfan (2020) tinjauan hukum islam terhadap jual beli nener dan benur dengan sistem rean di kelurahan keputih kecamatan sukolilo kota surabaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FIX_IRFAN_00000000.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wicahyo, Irfan, 2020. Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Nener dan Benur dengan Sistem Rean di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Imroatul Munfaridah, M.S.I.
Kata kunci/keyword: Jual Beli, Nener dan Benur, Sistem Rean.
Rean merupakan satuan jumlah yang digunakan dalam praktik jual beli nener dan benur dengan perhitungan setiap satu rean terdapat 5000 (lima ribu) ekor. Seiring dengan seringnya penggunaan kata rean, istilah rean menjadi sebuah sistem dalam jual beli nener dan benur di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya dengan sebutan jual beli sistem rean. Jual beli sistem rean merupakan mekanisme jual beli dengan menggunakan satuan jumlah rean. Mekanisme perhitungan dan s{i>ghah akad dalam jual beli sistem rean tersebut juga masih menimbulkan problem diantara penjual dan pembeli, hal tersebut disebabkan adanya mekanisme sampel dalam mekanisme perhitungan saat pengemasan nener dan benur. Mekanisme sampel ini merupakan mekanisme pengemasan nener dan benur dengan cara menghitung jumlah bibit-bibit tersebut dalam sebuah takaran dan perhitungan selanjutnya mengikuti takaran yang pertama sehingga berimplikasi terhadap ketidakpastian kuantitas dan kualitas dalam setiap reannya. Adapun akad yang digunakan dalam jual beli nener dan benur dengan sistem rean di Kelurahan Keputih tersebut ialah menggunakan akad sala>m yaitu dengan cara pembeli berpesan terlebih dahulu kepada pedagang dan barang akan diantar dikemudian hari setelah terjadinya akad. Mekanisme pembayaran jual beli sistem rean terdapat dua mekanisme, mekanisme pertama dibayar secara kontan setelah barang diserahkan dan metode kedua pembeli harus memberikan uang terlebih dahulu pada waktu terjadinya akad minimal 50% dari keseluruhan harga ataupun tunai. Persoalan tersebut akan dianalisis dengan menggunakan hukum Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kuantitas dan kualitas jual beli nener dan benur dengan sistem rean di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya? (2) bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme pembayaran jual beli nener dan benur dengan sistem rean di Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya?
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif, yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas dan kuantitas dalam praktik jual beli nener dan benur dengan sistem rean di kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya tersebut tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam. Hal tersebut disebabkan adanya ketidaksesuaian antara kualitas dan kuantitas barang dengan s{i>ghah akad (penjelasan tentang spesifikasi barang). (2) Mekanisme pembayaran pertama dan kedua yang hanya memberikan uang muka minimal 50% pada waktu akad, tidak sesuai teori jual beli sala>m dan dapat dikategorikan sebagai jual beli yang rusak dan tidak sesuai dengan hukum Islam. Adapun mekanisme pembayaran yang kedua yang dibayarkan secara tunai maka dapat dikategorikan jual beli s{ahi>h, karena sudah memenuhi teori jual beli sala>m, dengan ketentuan kedua belah pihak sama-sama rela.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Imroatul Munfaridah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2020 10:27
Last Modified: 13 Oct 2020 03:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10888

Actions (login required)

View Item View Item