tinjauan teori nushu ̅z terhadap pelanggaran suami atas hak istri dalam catatan tahunan komnas perempuan tahun 2018 dan 2019

Sari, Silvia Nahla (2020) tinjauan teori nushu ̅z terhadap pelanggaran suami atas hak istri dalam catatan tahunan komnas perempuan tahun 2018 dan 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-TESIS SKRIPSI SILVIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sari, Silvia Nahla. 2020. Tinjauan Teori Nushu ̅z terhadap Pelanggaran Suami atas Hak Istri dalam Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2018 dan 2019. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Prof. Dr. H. Abdul Mun’im, M.Ag.

Kata Kunci : Nushu ̅z, Hukum Islam, Kekerasan dalam Rumah Tangga, Catatan
Tahunan Komnas Perempuan

Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan merupakan sebuah dokumentasi berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan dan ditangani oleh berbagai lembaga negara. Dalam Islam ketika istri tidak memenuhi hak suami disebut sebagai nushu ̅z karena istri dianggap durhaka kepada suami. Namun subordinasi masih banyak ditemui dalam rumah tangga dimana istri yang dituntut untuk selalu memenuhi hak suami sedangkan banyak kasus suami yang sering tidak memenuhi hak istri, fakta ini telah dicatat oleh Komnas Perempuan dalam CATAHU Tahun 2018 dan 2019 yang menunjukkan tingginya angka pelanggaran suami terhadap hak istri. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti akan menjelaskan konsep nushu ̅z suami terhadap istri yang terjadi dalam sebuah perkawinan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa saja jenis kekerasan suami terhadap istri dalam Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan Tahun 2018 dan 2019 menurut perspektif teori nushu ̅z. Bagaimana akibat hukum kekerasan suami terhadap istri dalam Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan Tahun 2018 dan 2019 menurut perspektif teori nushu ̅z. Bagaimana upaya yang harus dilakukan atas sikap suami yang melakukan kekerasan terhadap istri dalam CATAHU Komnas Perempuan Tahun 2018 dan 2019 perspektif teori nushu ̅z. .
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi yaitu berupa buku ataupun jurnal yang berkaitan dengan judul skripsi peneliti. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskripstif dan analisis isi (content analysis).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan yang pertama jenis kekerasan suami terhadap istri dalam CATAHU Komnas Perempuan Tahun 2018 dan 2019 perspektif teori nushu ̅z yaitu kekerasan suami terhadap istri seperti kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan kekerasan ekonomi. Kedua akibat terjadinya hukum kekerasan suami terhadap istri dalam CATAHU perspektif nushu ̅z, istri berhak mengajukan gugat cerai dengan memberikan ‘iwaḍ sebagai tebusan agar terlepas dari ikatan perkawinan. Ketiga dalam menghadapi kekerasan suami dalam CATAHU perspektif nushu ̅z, istri dapat melaukan upaya penyelesaian dengan cara menasihati suami sehingga terjadi perdamaian, jika perdamaian tidak tercapai, penyelesaian dapat dilakukan dengan mengajukan suami istri ke Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Mun'im
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2020 04:59
Last Modified: 13 Oct 2020 03:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10887

Actions (login required)

View Item View Item