Tinjauan Hukum Keluarga Islam Terhadapat Pasangan Poligami Satu Atap (Studi Kasus Di Desa Carat Kecamamatan Kauman Kabupaten Ponorogo Dan Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo)

Rosidah, Zulfatur (2020) Tinjauan Hukum Keluarga Islam Terhadapat Pasangan Poligami Satu Atap (Studi Kasus Di Desa Carat Kecamamatan Kauman Kabupaten Ponorogo Dan Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ZULFATUR ROSIDAH (210116001).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rosidah, Zulfatur. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pasangan Poligami Satu Atap (Studi Kasus Di Desa Carat Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo Dan Desa Tugurujo Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo), Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah) Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Abid Rohmanu, M.H.I
Kata Kunci ; Keharmonisan, Keluarga, Poligami
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta seorang suami yang poligami menyatukan kedua istrinya tinggal satu atap di Desa Carat Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo dan Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Menurut Hukum Islam, hukum asalnya adalah setiap istri diberikan rumah secara tersendiri seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sedangkan Ibn qudama>h dan Al-Ima>m Qurthubi rahima>hulla>h juga membolehkan mengumpulkan istri dalam satu rumah apabila mereka rida.
Oleh karena itu, penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut : (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang penyatuan tempat tinggal para istri dalam keluarga poligami di Desa Carat Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo dan Desa Tugurejo kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo?(2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap aspek keadilan pasangan poligami yang menyatukan para istrinya dalam satu atap di Desa Carat Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo dan Desa Tugurejo kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dan menggunakan metode kualitatif, pengumpulan datanya dengan wawancara dan observasi. Data terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analitis dengan menggunakan pola pikir induktif, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Dari penelitian ini dihasilka bahwa: (1) Penyatuan tempat tinggal para istri poligami di Desa Carat Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo dan Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Dibolekkan sesuai dengan Hukum Islam dengan syarat, pertama atas izin istri dan yang kedua kamar masing-masing istri dipisah (2) Aspek keadilana penyatuan tempat tinggal para istri di Desa Carat Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo dan Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Sesuai dengan hukum Islam adanya adil dalam menafkahi, tempat tinggal, pembagian gilir, pergaulan dan keturunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:45
Last Modified: 12 Oct 2020 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10881

Actions (login required)

View Item View Item