Korelasi antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Tahfidz Juz ‘Amma terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Hidayati, Laila Nur (2020) Korelasi antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Tahfidz Juz ‘Amma terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsN 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi upload SING BENER BENER FIXX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah salah satu indikator untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami materi yang telah disampaikan. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor dari luar diri individu seperti lingkungan dan faktor yang ada dalam diri individu seperti memori dan motivasi. Seperti yang telah disebutkan, salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar. Sedangkan menurut Dr. Adullah Subaih tahfidz Al-Qur’an membantu konsentrasi dan menguatkan ingatan. ingatan sendiri disebut memori. Sehingga kemampuan tahfidz memiliki pengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa MTsN 1 Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tahun pelajaran 2019/2020? (2) Apakah ada korelasi yang signifikan antara kemampuan tahfidz juz ‘amma dengan hasil belajar siswa MTsN 1 Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tahun pelajaran 2019/2020? (3) Apakah ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan tahfidz juz ‘amma secara bersamasama dengan hasil belajar siswa MTsN 1 Ponororgo pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Dengan populasi sebanyak 273 siswa, sedangkan sampel sebanyak 160 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan oleh peneliti adalah teknik korelasi Product moment dan korelasi ganda. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Adanya korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa MTsN 1 Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tahun pelajaran 2019/2020 dimana diperoleh nilai rhitung (0,182) > rtabel (0,1543), sehingga H0 ditolak. (2) Adanya korelasi yang signifikan antara kemampuan tahfidz juz ‘amma dengan hasil belajar siswa MTsN 1 Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tahun pelajaran 2019/2020 dimana diperoleh rhitung (0,270) > rtabel (0,1543), sehingga H0 ditolak. (3) Adanya korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan tahfidz juz ‘amma secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa MTsN 1 Ponorogo pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tahun pelajaran 2019/2020. Dimana diperoleh nilai Fhitung (10,605) > Ftabel (3,05), sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:33
Last Modified: 12 Oct 2020 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10879

Actions (login required)

View Item View Item