Pelaksanaan Jual Beli Online di Retail Wilayah Ponorogo dalam Perspektif al-Maslahah al-Mursalah

Mufidah, Lailatul (2020) Pelaksanaan Jual Beli Online di Retail Wilayah Ponorogo dalam Perspektif al-Maslahah al-Mursalah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUBLIKASI_LAILATUL MUFIDAH.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Mu’a>malah adalah salah satu bagian dari hukum Islam karena mu’a>malah mengatur hubungan antara manusia dalam masyarakat. Salah satunya dalam transaksi jual beli, di mana hal ini berkaitan langsung dengan aspek h}ifz} al-ma>l. Segala jenis jual beli tetap harus mempunyai esensi mas}lah}ah di dalamnya, seperti halnya dalam jual beli online di retail wilayah Ponorogo yang tidak menjelaskan deskripsi barang dengan detail dalam pemasarannya dan membatasi komplain dari pembeli karena barang yang dijual bukan milik dari penjual sendiri, melainkan dari supplier. Permasalahan tersebut akan dikaji dalam perspektif al-mas}lah}ah al-mursalah, untuk melihat adakah dimensi kemaslahatan dalam jual beli online yang secara eksplisit tidak diatur dalam nas}s}.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perspektif al-mas}lah}ah al-mursalah terhadap pemasaran jual beli online di retail wilayah Ponorogo? (2) Bagaimana perspektif al-mas}lah}ah al-mursalah terhadap komplain dalam jual beli online di retail wilayah Ponorogo?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis, yaitu reduksi, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemasaran penjual online ada yang sudah sesuai dan ada juga yang belum sesuai dengan al-mas}lah}ah al-mursalah. Sudah sesuai dengan syarat-syarat al-mas}lah}ah al-mursalah, karena gambar dan keterangan yang diuploud sudah bisa mewakili kondisi barang yang dijual. Belum sesuai dengan syarat-syarat al-mas}lah}ah al-mursalah, karena penjual online tidak tahu kondisi sebenarnya barang yang diposting dan melebih-lebihkan kualitas barang yang dijualnya. Berdasarkan tingkatan maqa>s}id al-shari>’ah yaitu mas}lah}ah h}a>ji>yah yang mencakup h}ifz} al-ma>l di mana pembeli sangat membutuhkan informasi secara lengkap untuk meminimalisir kerugian dan ketidaksesuaian antara pesanan dan barang yang datang. (2) Penanganan komplain pembeli dengan membatasi pada kesalahan pengiriman dan cacat pada barang sesuai dengan syarat-syarat al-mas}lah}ah al-mursalah, karena penjual mau bertanggungjawab atas kesalahan yang dilakukannya. Berdasarkan tingkatan maqa>s}id al-shari>’ah yaitu mas}lah}ah h}a>ji>yah yang mencakup h}ifz} al-ma>l di mana dengan adanya pembatasan komplain tersebut pembeli bisa mendapatkan haknya karena kesalahan dari penjual dan penjual online sendiri terhindar dari tindakan kesewenangan dari pembeli yang ingin mendapatkan ganti rugi karena merasa tidak puas dengan barang yang diterimanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:11
Last Modified: 12 Oct 2020 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item View Item