Praktik Pemesanan Kaos Sablon Dan Bordir Komputer Di Mahameru Ponorogo Perspektif Fatwa DSN-MUI Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000

Saventri, Siska (2020) Praktik Pemesanan Kaos Sablon Dan Bordir Komputer Di Mahameru Ponorogo Perspektif Fatwa DSN-MUI Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SISKA SAVENTRI E THESIS-SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jual beli istiṣnā merupakan akad jual beli dalam bentuk pemesanan pembuatan barang tertentu dengan kriteria dan persyaratan tertentu yang disepakati antara pemesan dan penjual. Mengetahui tata cara pemesanan berdasarkan Hukum Islam dan memiliki keahlian di dalam pemesanan. Seperti praktik akad, pembayaran DP dan cacat objek barang pesanan kaos sablon dan bordir komputer di Mahameru Ponorogo, dimana pemilik maupun pembeli tidak menjalankan pemesanan sesuai prosedur yang ada. Dalam skripsi ini penulis meninjau langsung praktik pemesanan kaos sablon dan bordir komputer di Mahameru Ponorogo apakah sudah sesuai atau belum sesuai berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 06/DSN-MUI/IV/2000.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana praktik akad pemesanan kaos sablon dan bordir komputer di mahameru ponorogo perspektif fatwa DSN-MUI Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000, (2) Bagaimana praktik pembayaran DP pemesanan kaos sablon dan bordir komputer di mahameru ponorogo perspektif fatwa DSN-MUI Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000, (3) Bagaimana praktik cacat objek barang pesanan kaos sablon dan bordir komputer di mahameru ponorogo perspektif fatwa DSN-MUI Nomor 06/DSN-MUI/IV/2000 .
Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumen lokasi. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan metode induktif, yaitu berfikir sintetis berangkat dari fakta-fakta, data-data, kasus-kasus individual atau pengetahuan-pengetahuan yang bersifat khusus menuju pada konklusi-konklusi yang umum terhadap permasalahan berdasarkan pada data lapangan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, berdasarkan fatwa DSN-MUI No. 06/DSN-MUI/IV/2000 terhadap praktik akad ada yang sudah sesuai dan juga belum sesuai. Dikarenakan ketidaksesuaian spesifikasi dan molornya waktu pengiriman barang pesanan. Berdasarkan fatwa DSN-MUI No. 06/DSN-MUI/IV/2000 terhadap pembayaran DP sebagian sudah sesuai dan ada juga yang belum sesuai. Dikarenakan pemesan belum mau mencicil pembayaran DP tersebut. Berdasarkan fatwa DSN-MUI No. 06/DSN-MUI/IV/2000 terhadap cacat objek barang pesanan belum sesuai. Dikarenakan ketika ada barang pesanan yang cacat, ada penambahan biaya, sehingga pembeli tidak memiliki hak khiyār.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Noviana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:17
Last Modified: 12 Oct 2020 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10863

Actions (login required)

View Item View Item