Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Kerjasama PT. Ciomas Adisatwa Dengan Peternak Ayam Broiler Di Desa Plancungan Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Quluki, Arin Hanifah (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Kerjasama PT. Ciomas Adisatwa Dengan Peternak Ayam Broiler Di Desa Plancungan Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Arin Hanifah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arin Hanifah Quluki, 2020. Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Kerjasama PT. Ciomas Adisatwa dengan Peternak Ayam Broiler di Desa Plancungan Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pebimbing Drs. H. A. Rodli Makmun, M. Ag.
Kata Kunci: Kerjasama, Mud{a>rabah, Mud{ar<abah Muqayyadah
Dalam kerjasama mud{a>rabah banyak yang dilakukan untuk memperoleh kemudahan dan belum diketahui secara jelas mengenai hukumnya apakah sudah sesuai dengan hukum Islam ataukah bertentangan. Seperti kerjasama ternak ayam broiler di Desa Plancungan Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo menggunakan akad mud{a>rabah, dimana pihak PT memberikan pembiayaan kepada peternak yang telah memiliki kandang sesuai dengan standart perusahaan dengan memberikan modal (SaProNak) Sarana Produksi Ternak, dan pihak peternak berkontribusi skill atau tenaga kerja.
Berangkat dari permasalahan di atas, penulis merumuskan: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad kerjasama PT.Ciomas Adisatwa dengan peternak ayam broiler di Desa Plancungan Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap bagi hasil dalam kerjasama PT.Ciomas Adisatwa dengan peternak ayam broiler di Desa Plancungan Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. (3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penanggung kerugian dalam kerjasama PT.Ciomas Adisatwa dengan peternak ayam broiler di Desa Plancungan Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan data yang yang diperoleh dianalisis menggunakan metode induktif.
Dengan kesimpulan sebagai berikut: (1) akad kerjasama sesuai dengan mud{a>rabah muqayyadah, adapun kandang ayam yang harus disiapkan dan jaminan yang ditambah mud{arib dalam kerjasama tersebut adalah prasyarat kontrak kerjasama sebagai syarat penyerta akad (al-syart al-muqtarin bi al-‘aqd), yakni syarat yang bertujuan untuk memperkuat akad kerjasama (2) pembagian keuntungan telah sesuai syarat perolehan nisbah dalam mud{a>rabah yaitu menentukan nisbah berdasar keadaan yang berlaku secara umum dan hukumnya adalah boleh dalam akad mud{a>rabah muqayyadah (3) penanggung kerugian kerjasama, telah sesuai dengan ketentuan akad mud{a>rabah muqayyadah karena kerugian ditanggung peternak jika melakukan kelalaian dalam pengelolaan ayam ternak, dan di tanggung oleh pihak PT apabila disebabkan karena faktor alam, sesuai dengan ketentuan penanggung resiko mud{a>rabah muqayyadah yaitu kerugian ditanggung oleh s{ahibul ma>l selama bukan kelalaian dari mud{arib.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Rodli Makmun
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:08
Last Modified: 12 Oct 2020 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

View Item View Item