(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM DITANDATANGANI) strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam meningkatkan kunjungan wisatawan (studi kasus di desa wisata gunungsari kabupaten madiun)

Riswanto, Meureta Ayu Priscilia (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM DITANDATANGANI) strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam meningkatkan kunjungan wisatawan (studi kasus di desa wisata gunungsari kabupaten madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MEURETA-KPI UP E-THESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Riswanto, Meureta Ayu Priscilia. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Meningkatkan Minat Wisatawan (Studi Di Desa Wisata Gunungsari Kabupaten Madiun). Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Munir, M,Ag.
Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Wisata Gunungsari.
Desa Wisata Gunungsari merupakan destinasi pariwisata berbasis kebudayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Madiun. Dilihat mengalami kenaikan pengunjung yang cukup signifikan tiap tahunnya, Desa Gunungsari memiliki cara untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan promosi yang berimbang dengan masyarakat. Oleh karena itu strategi komunikasi pemasaran terpadu dianggap paling tepat dalam langkah Pokdarwis mempromosikan keberadaan sektor pariwisata kebudayaan ini melalui enam promotion mix yang ada didalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Desa Wisata Gunungsari dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Serta bagaimana penerapan dari strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Desa Wisata Gunungsari dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggambarkan bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh Desa Wisata Gunungsari dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Peneliti mendapatkan data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Gunungsari telah melakukan langkah pemasaran sesuai dengan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dipaparkan peneliti, yakni: (1) Pokdarwis melakukan promosi Desa Wisata Gunungsari menggunakan enam promotion mix yang ada pada IMC meskipun ada beberapa elemen yang kurang maksimal dalam penerapannya. Perencanaan juga dilakukan secara matang guna dilakukannya promosi yang berimbang kepada para khalayak sasaran (2) Menerapkan 6 elemen promotion mix yang ada pada IMC yakni iklan (advertising), penjualan perseorangan (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), pemasaran langsung (direct marketing), pemasaran interaktif (interaktif marketing). Strategi IMC terbukti mampu memberikan kontribusi kepada pengunjung untuk mengulang kunjungannya kembali ke Desa Wisata Gunungsari. Sementara itu setelah adanya perencanaan serta penerapan evaluasi juga dirasa menjadi tolak ukur yang juga penting untuk mengetahui sejauh mana promosi yang dilakukan untuk perkembangan destinasi wisata yang dirasa juga masih baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:58
Last Modified: 14 Oct 2020 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item View Item