Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Pada Bisnis Waralaba Es Pisang Ijo Superrr Di Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Putra, Agung Wahyu (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Pada Bisnis Waralaba Es Pisang Ijo Superrr Di Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Agung Wahyu Putra.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wahyu Putra, Agung. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Pada Bisnis Waralaba Es Pisang Ijo Superrr di Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Udin Safala, M. H. I.
Kata Kunci : Mud}a>rabah, Bagi Hasil
Di Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun terdapat praktik kerjasama waralaba es pisang ijo superrr. Dalam praktiknya akad yang dilakukan dalam kerjasama tersebut menggunakan akad lisan. Dari akad lisan tersebut belum ada kesesuaian dengan praktiknya. Adapun permasalahan yang belum sesuai yaitu pada awal akad pemilik usaha merekrut karyawan hanya untuk menjualkan produk es pisang ijo, namun fakta dilapangan karyawan juga ikut dalam proses produksi. Selain itu pemberian bagi hasil yang belum sesuai dengan proporsi pekerjaan karyawan.
Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yakni, 1) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Dalam Kerjasama di Bisnis Es Pisang Ijo Superrr di Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Bagi Hasil Dalam Kerjasama di Bisnis Es Pisang Ijo Superrr di Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan metode induktif.
Dalam skripsi ini dapat ditarik kesimpulan 1) Bahwa akad yang digunakan dalam praktik kerjasama Es Pisang Ijo Superrr di Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun antara s}a>hibul ma>l dan mud}arib, sudah sesuai dengan rukun, akad, bentuk akad, dan bagi hasil dalam mud}a>rabah. Sehingga sudah sesuai dengan syariat hukum islam. 2) Bahwa bagi hasil yang digunakan dalam praktik kerjasama Es Pisang Ijo Superrr di Desa Balerejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun keuntungan bagi hasil belum sepenuhnya sesuai dengan akad karena proporsi pekerjaan yang ditambah kepada mud}arib, serta mud}arib berhak atas bagi hasil yang sepadan (ujratul mitsl{{i) sebagai imbalan atas pekerjaan yang dilakukannya. Sehingga belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin Safala
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Oct 2020 02:42
Last Modified: 09 Oct 2020 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10855

Actions (login required)

View Item View Item