Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pencantuman Label Halal Olahan Makanan Di Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Studi Kasus Di Industri MIRA Dan K.A.W. BERDIKARI)

Milla, Kharisma Faizatul (2020) Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pencantuman Label Halal Olahan Makanan Di Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Studi Kasus Di Industri MIRA Dan K.A.W. BERDIKARI). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHARISMA FAIZATUL MILLA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Milla, Kharisma Faizatul. 2020. Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pencantuman Label Halal Olahan Makanan Di Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo (Studi Kasus Di Industri MIRA dan K.A.W. BERDIKARI). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Saifullah, M.Ag.
Kata Kunci/keyword: Sosiologi Hukum, Pencantuman Label Halal
Penelitian ini berangkat dari terjadinya proses pencantuan label halal tanpa adanya bukti sertifikasi halal dari MUI yang dilakukan oleh pelaku usaha di Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Padahal UU no 33 tahun 2014 menjelaskan bahwa setiap pelaku usaha dalam menjalankan usahanya baik di bidang makanan maupun kosmetik obat-obatan wajib memiliki sertifikasi halal, dimana sertifikasi halal ini sebagai syarat dalam mencantumkan label halal produk. Akan tetapi dalam praktiknya masih banyak sekali para pelaku usaha yang tidak mempunyai sertifikasi halal yang menjamin kehalalan produk yang mereka tawarkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap pencantuman label halal tanpa sertifikasi halal MUI di olahan makanan MIRA dan K.A.W. BERDIKARI Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap faktor yang melatarbelakangi pencantuman label halal di olahan makanan MIRA dan K.A.W. BERDIKARI Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis peneitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunkan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakakn dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pencantuman label halal yang dilakukan oleh MIRA dan K.A.W. BERDIKARI dalam proses pencantumannya tidak mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh MUI berdasarkan teori fungsonalisme struktural terjadi karena kurangnya pengawasan yang seharusnya dilakukan oleh pihak MUI. (2) Faktor yang melatarbelakangi pencantuman label halal tanpa adanya sertifikasi MUI di MIRA dan K.A.W. BERDIKARI disebabkan karena tidak berfungsinya atau tidak berjalannya tugas dari LPPOM-MUI dalam melakukan baik soialisasi maupun pelaksanaan dari produk halal, yang mengakibatkan para pelaku usaha melanggar prosedur-prosedur yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Oct 2020 02:52
Last Modified: 08 Oct 2020 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item View Item