Analisis Maslahah Terhadap Dispensasi Perkawinan Dalam Penetapan Perkara Nomor 0135/Pdt.P/2017/PA.Mgt Di Pengadilan Agama Magetan

Rohanafi, Nailatul (2020) Analisis Maslahah Terhadap Dispensasi Perkawinan Dalam Penetapan Perkara Nomor 0135/Pdt.P/2017/PA.Mgt Di Pengadilan Agama Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Nailatul Rohanafi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rohanafi, Nailatul. 2020. Analisis Mas}lah}ah terhadap Dispensasi Perkawinan Dalam Penetapan Perkara Nomor 0135/Pdt.P/2017/PA.MgtDi Pengadilan Agama Magetan.Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari'ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Martha Eri Safira, M.H
.
Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Pengadilan Agama Magetan.

Dalam perkara-perkara yang menjadi wewenang Pengadilan Agama Magetan, ada beberapa perkara yang sangat berkaitan erat dengan hak-hak anak, diantaranya adalah perkara permohonan dispensasi kawin. Dispensasi kawin adalah perkara voluntair berupa kelonggaran yang diberikan oleh pengadilan kepada calon suami istri yang belum mencapai batas umur terndah yaitu 19 tahun bagi pria dan wanita agar dapat melangsungkan perkawinan. Di dalam pasal 7 ayat (2) Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan tidak di jelaskan yang dimaksud dengan penyimpangan itu apa sehingga dalam hal ini hakim harus menafsirkan sendiri isi dari pasal tersebut dalam menetapkan permohonan dispensasi kawin yang diajukan.

Dari ulasan diatas ada beberapa permasalahan yang penulis hendak kaji, yaitu : (1) Bagaimana dasar hukum hakim dalam memutus perkara permohonan dispensasi perkawinan Nomor 0135/Pdt.P/2017/PA.Mgt di Pengadilan Agama Magetan ? (2) Bagaimana pertimbangan hukum dalam putusan perkara dispensasi perkawinan Nomor 0135/Pdt.P/2017/PA.Mgt di Pengadilan Agama Magetan ?.

Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunkan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data yang akurat. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan kejadian yang terjadi di lapangan yang bersifat khusus dan selanjutnya dikemukakan dengan dalil-dalil, teori-teori secara umum.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) Ditinjau dari kaidah fikih mas}lah}ah dasar hukum majelis hakim dalam memberikan penetapan dispensasi nikah dalam perkara nomor 0135/Pdt.p/2017/PA.Mgt berdasar pada pasal 7 ayat 2 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, selain itu hakim juga berdasar pada kaidah fiqhiyyah mas}lah}ah sudah tepat yaitu memelihara keturunan (h}i>fz} al-nasl) pada tingkat d}a>ru>ri}yyah. (2) Ditinjau dengan dalil al-maslahah al-mursalah pertimbangan hukum dalam perkara nomor 0135/Pdt.p/2017/PA.Mgt sudah tepat dimana hakim melakukan pertimbangan hukum berdasarkan fakta hukum yang diajukan oleh pemohon, dengan menimbang antara mas}lah}ah dan mafsadahnya yaitu memelihara keturunan (h}i>fz} al-nasl) pada tingkat d}a>ru>ri}yyah, dimana dijelaskan bahwa menolak kerusakan harus didahulukan dari pada meraih kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Martha Eri Safira
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Oct 2020 02:39
Last Modified: 08 Oct 2020 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10843

Actions (login required)

View Item View Item