Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Sistem Kredit Di Mebel Jaya Abadi Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo

Ardiansyah, M. Abdul Basit (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Sistem Kredit Di Mebel Jaya Abadi Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E THESIS,M.A.B ARDIANSYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ardiansyah, M. Abdul Basit, 2020. Tinjauan Hukum Isalam TerahapPraktik Jual Beli Sistem Kredit Di Mebel Jaya Abadi Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Dr. H. Agus Purnomo, M.Ag.
Kata kunci/keyword: Tinjauan Hukum Islam, kredit, akad jual beli
Mebel Jaya Abadi merupakan salah satu perusahaan mebel yang pada praktiknya mengplikasikan sistem jual beli kredit. Jual beli kredit tersebut didasari dengan akad taqsi>th yaitu dalam akad tersebut memiliki ketentuan berupa pembayaran berbentuk angsuran yang telah di tetapkan jangka waktunya. Dalam praktiknya di Mebel Jaya Abadi jangka waktu dan besarnya angsuran pihak pembeli yang menetukan. Mebel Jaya Abadi juga tidak hanya bergerak di bidang penjualan mebel saja, tetapi juga memproduksi mebel sendiri untuk memenuhi pemintaan pesanan, mengenai barang yang di pesan terkadang tidak sesuai dengan kesepakatan awal dan di sisi lain pembeli tidak memiliki hak khiyar, sehingga barang yang telah dipesan ataupun telah dibeli tidak dapat dikembalikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Jual Beli Sistem Kredit di Mebel Jaya Abadi Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadapa Kualitas Barang di Mebel Jaya Abadi Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan (berupa data lapangan), yang kemudian data tersebut dianalisis, dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti berdasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya (1) Praktik jual beli dengan sistem kredit di Mebel Jaya Abadi sudah dilaksanakan seusai dengan syariat Islam, yang mana dalam akadnya terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli mengenai jumlah angsuran serta batasan waktu pembayaran yang harus dilakukan, sehingga hal tersebut tidak menyalahi aturan yang ada dalam akad taqsi>th, dalam praktiknya angsuran yang dilakukan di mebel Jaya Abadi tidak ada patokan pasti, melainkan pembeli yang menentukan jumlah angsuran yang akan dibayar. (2) Berdasarkan kualitas barang di Mebel Jaya Abadi, barang-barang yang telah dipesan oleh pembeli terkadang kurang sesuai dengan yang diinginkan oleh pembeli, sehingga kadang kala pembeli merasa kecewa dengan barang yang telah diproduksi. Selain itu pembeli juga tidak memiliki hak khiya>r sehingga barang yang telah diproduksi tidak dapat dikembalikan kepada pemilik mebel, yang mana hal tersebut tidak di benarkan dalam syariat Islam karena ada salah satu pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Oct 2020 02:15
Last Modified: 08 Oct 2020 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10842

Actions (login required)

View Item View Item