Tinjauan Urf Terhadap Praktik Khitbah Perempuan Di Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek

Nurlaili, Alfiani Eka (2020) Tinjauan Urf Terhadap Praktik Khitbah Perempuan Di Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-THESES ALFIANI EKA NURLAILI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Eka Nurlaili, Alfiani, 2020. Tinjauan urf Terhadap Praktik Khitbah Perempuan Di Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Lia Noviana. M.H.I.
Kata kunci/keyword: Urf, Khitbah Perempuan.
Salah satu peran agama Islam dalam memberikan hukum terhadap adat istiadat/tradisi adalah dengan menggunakan urf. Urf merupakan kebiasaan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan tidak berbenturan dengan syariat, sehingga beragam tradisi masih sering dilakukan sampai saat ini. Tradisi khitbah dari pihak perempuan merupakan tradisi warisan leluhur yang masih dijalankan oleh masyarakat Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Salah satu unsur yang terkandung dalam tradisi ini adalah sebagai bentuk ketaatan calon istri terhadap calon suami. Penulis mengambil tema ini dilatarbelakangi oleh anggapan masyarakat bahwa pelaksanaan khitbah dari pihak perempuan adalah sesuatu hal yang bernilai syakral.
Untuk mendeskripsikan problematika tersebut penulis merumuskan masalah penelitian berupa: (1) Bagaimanakah tata cara praktik khitbah perempuan di Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek perspektif urf?, (2) Apakah faktor-faktor yang melatarbelakangi praktik khitbah perempuan Di Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek perspektif urf?
Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.Teknik yang digunakan peneliti ialah dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) tata cara praktik khitbah perempuan di Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek dalam perspektif urf termasuk dalam urf sahih karena telah memenuhi syarat pengamalan urf shahih, tidak bertentangan dengan nash baik al-Qur’an dan Sunnah, mengandung maslahat dan dapat diterima oleh akal, tidak menggugurkan suatu kewajiban serta tidak menghalalkan yang haram atau sebaliknya, dan dilakukan secara berulang-ulang 2) faktor-faktor yang melatarbelakangi pelaksanaan khitbah perempuan di Desa Gondang dalam perspektif urf juga termasuk kedalam urf shahih karena tidak bertentangan dengan nash baik al-Qur’an dan Sunnah, mengandung maslahat dan dapat diterima oleh akal, tidak menggugurkan suatu kewajiban serta tidak menghalalkan yang haram atau sebaliknya, dan dilakukan pada kondisi yang terus berulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: LIA NOVIANA
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:08
Last Modified: 05 Oct 2020 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10838

Actions (login required)

View Item View Item