(TAMBAHKAN WATERMARK DAN SCAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)kegiatan penambangan pasir di desa nglungger kecamatan kradenan kabupaten blora provinsi jawa tengah perspektif ekonomi lingkungan

NURKAMIDAH, UMI (2020) (TAMBAHKAN WATERMARK DAN SCAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)kegiatan penambangan pasir di desa nglungger kecamatan kradenan kabupaten blora provinsi jawa tengah perspektif ekonomi lingkungan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UMI NURKAMIDAH 210716088 APLOAD.doc.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurkamidah, Umi. Kegiatan Penambangan Pasir di Desa Nglungger Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah Perspektif Ekonomi Lingkungan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah. Pembimbing Hanik Fitriani, M.E.Sy.

Kata kunci: Tanah Longsor, Bising, Jalan Rusak, dan Produktivitas.
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya mayoritas masyarakat di Desa Nglungger yang mayoritas bekerja sebagai petani ataupun buruh tani. Dengan bekerja yang dilakukan secara tidak terus menerus sehingga membuat masyarakat menganggur dan mencari pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan adanya penambangan pasir di Desa Nglungger menjadi solusi bagi masyarakat yang menganggur untuk bekerja di penambangan. Namun hal tersebut membuat masyarakat tidak menyadari akan dampak penambangan pasir yang tidak hanya membawa dampak positif namun juga memiliki dampak negatif yang dapat membahayakan masyarakat di sekitar penambangan pasir. Dengan hal ini maka perlu adanya upaya untuk mengatasi dampak yang disebabkan oleh penambangan pasir.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis datanya adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambangan pasir yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Nglungger Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah praktik penambangan pasir di Desa Nglungger sangatlah membantu masyarakat sehingga membawa dampak yang positif seperti dapat membantu perekonomian masyarakat. Namun penambangan pasir juga membawa dampak negatif bagi masyarakat di antaranya membahayakan masyarakat di sekitar penambangan baik dalam waktu dekat ataupun panjang seperti terjadinya longsor, jalan yang rusak, ladang yang semakin berkurang. Baik masyarakat ataupun pemerintah kurang peduli akan lingkungan yang seharusnya dijaga kelestariaannya baik tanah longsor dan produktivitas tanah, karena apabila masyarakat tetap acuh tak acuh maka akan menimbulkan lebih besar kerugian dan berbahaya bagi masyarakat. Selain itu, kebisingan bagi masyarakat di sekitar penambangan dianggap suatu hal yang biasa bagi masyarakat sehingga tidak ada tanggapan atau upaya masyarakat dan pemerintah untuk menguranginya. Upaya yang sudah dilakukan pada jalan yang rusak adalah dengan adanya portal selain itu dibantu dengan menambah bahan material.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: HANIK FITRIANI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:04
Last Modified: 05 Oct 2020 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10837

Actions (login required)

View Item View Item