Kebermaknaan Hidup Lansia (Studi Kasus Di Cabang Upt Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan Jawa Timur)

Andriyan, Andriyan (2020) Kebermaknaan Hidup Lansia (Studi Kasus Di Cabang Upt Pelayanan Sosial Tresna Werdha Magetan Jawa Timur). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Andriyan, 2020. Kebermaknaan Hidup Lansia di Panti Jompo (Studi Kasus UPT PSTW Magetan di Panti Jompo). Skripsi Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Irma Rumtianing, UH, MSI.

Kata Kunci: Kebermaknaan Hidup, Lansia dan Panti Jompo

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori bahwa masa lansia merupakan masa dimana semua orang berharap bisa hidup dengan tenang, damai dan bahagia serta menikmati masa pensiun bersama anak dan cucu dengan mencurahkan kasih saying. Namun kenyataannya, tidak semua lansia bisa mendapatkan kesempatan hidup dan kondisi hidup yang ideal seperti apa yang diinginkan. Perasaan kesepian dan tersisihkan yang dirasakan oleh lansia bisa mempengaruhi bagaimana lansia bisa memaknai dirinya dan pengalaman hidup yang sudah pernah dilaluinya. Oleh karena sebab itu peneliti ingin mengetahui beberapa hal yang dilakukan oleh pengelola panti tersebut diatranya: 1) Bagaimana kondisi psikologi lansia di panti jompo dalam memahami kebermaknaan hidup, 2) Apa faktor yang mendorong lansia untuk memperoleh kebermaknaan hidup, 3) Bagaimana upaya panti jompo untuk membantu lansia untuk menemukan kebermaknaan hidup.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini melibatkan pengelola panti dan klien panti. Dalam penelitian ini populasinya berjumlah 6 orang. Menggunakan perspektif fenomenologi dimana peneli akan melakuakan investigasi atau penggalian data secara mendalam. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebermaknaan hidup lansia di panti jompo UPT PSTW Magetan di Ponorogo.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa para lansia di UPT PSTW Magetan di Ponorogo merasa senang dan bahagia karena di panti tersebut mereka merasa di perhatikan dan terawat.Upaya yangpanti jompo lakukan untuk membantu lansia untuk menemukan kebermaknaan hidup adalah dengan melalui kegiatan-kegiatan yang sudah di programkan dalam setiap harinya dan memasukan pemahaman tentang kehidupan serta agama sehingga lansia mampu dan menemukan kebermaknaan hidupnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Oct 2020 02:56
Last Modified: 05 Oct 2020 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item View Item