TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP HAMIL DI LUAR NIKAH SEBAGAI FAKTOR DOMINAN DISPENSASI NIKAH (Studi Kasus di Pengadilan Agama Pacitan)

SRI SANTOSO, AVIN (2020) TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP HAMIL DI LUAR NIKAH SEBAGAI FAKTOR DOMINAN DISPENSASI NIKAH (Studi Kasus di Pengadilan Agama Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi Avin Sri Santoso (210116020).pdf

Download (782kB)

Abstract

Sri Santoso, Avin, 2020. Tinjauan Maslahah Terhadap Hamil Di Luar Nikah Sebagai Faktor Dominan Dispensasi Nikah (Studi Kasus di Pengadilan Agama Pacitan), Skripsi.Jurusam Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Rif’ah Roihanah, S.H., M.Kn.

Kata kunci/keywod: Dispensasi, Maslahah, Hamil, Dominan

Dispensasi adalah suatu upaya kelonggaran yang diberikan oleh Pengadilan Agama kepada calon suami dan isteri yang belum mencapai batas umur terendah agar dapat melangsungkan perkawinan. Permohonan dispensasi nikah yang berada di Pengadilan Agama Pacitan selama tahun 2019 mencapai 155 kasus dengan kasus hamil diluar nikah mencapai 120 kasus. Dalam hal ini hakim memutuskan perkara tersebut dengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan Mas}lah}ah Mursalah. Menurut bahasa mas}lah}ah berarti manfa’at dan kebaikan, sedangkan mursalah berarti terlepas. Menurut istilah, mas}lah}ah mursalah ialah kemaslahatan yang tidak ditetapkan oleh shara’ dalam penetaapan hukum dan tidak ada dalil yang menyuruh mengambil atau menolaknya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan mas}lah}ah terhadap pertimbangan hakim sebagai dasar dikabulkanya dispensasi nikah karena hamil di Pengadilan Agama Pacitan? (2) Bagaimana tinjauan mas}lah}ah terhadap pendapat hakim tentang status anak akibat dikabulkannya dispensasi nikah dengan alasan hamil di Pengadilan Agama Pacitan?

Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang mengunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi.Analisis yang digunakan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dasar pertimbangan hakim memutus perkara dispensasi nikah karena hamil menggunakan maslahah mursalah selain Undang-Undang untuk memutus dispensasi nikah, hakim berpendapat bahwa itu untuk melindungi keluarga pemohon yakni dalam hal ini termasuk maslah}ah daruriyah. Untuk status anak para hakim menggunakan mas}lah}ah mursalah dalam berpendapat untuk menentukan status anak, hakim melihat dari usia kehamilan si wanita tersebut dengan dibagi menjadi dua yakni usia 1-4 bulan dan usia 5 bulan. Jika usia 1-4 bulan dalam hal ini hakim menggunakan konsep maslahah daruriyah dalam hal ini hakim melindungi keturunan atau anak tersebut dengan memberikan kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RIF’AH ROIHANAH
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Sep 2020 02:33
Last Modified: 30 Sep 2020 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10828

Actions (login required)

View Item View Item