Pengaruh Intensitas Penggunaan Instagram dan Motif Penggunaan Instagram Terhadap Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020.

Wulandari, Hesti (2020) Pengaruh Intensitas Penggunaan Instagram dan Motif Penggunaan Instagram Terhadap Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Hesti Wulandari (KPI).pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wulandari, Hesti. 2020. Pengaruh Intensitas Penggunaan Instagram dan Motif Penggunaan Instagram Terhadap Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing Syaiful Arif M. Pd.
Kata Kunci : Instagram, Intensitas, Motif, dan Eksistensi Diri

Pada Era Sekarang ini, perkembangan dalam bidang taknologi Komunikasi dan Informasi menjadi sangat pesat. Termasuk di dalamnya dalam media sosial yakni Instagram. penggunaan Instagram sangat popular dikalangan masyarakat saat ini. Intensitas dan motif penggunaan media sosial setiap masyarakat memiliki tingkat yang berbeda. Akibat dari kedua faktor tersebut, dapat menimbulkan rasa ingin eksis dalam diri penggunanya. Eksistensi Diri di sini ditandai dengan banyaknya followers, like dan comment dari pengikutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) pengaruh secara parsial intensitas penggunaan instagram terhadap eksistensi diri pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo tahun akademik 2019/2020, (2) pengaruh secara parsial motif penggunaan instagram terhadap eksistensi diri pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo tahun akademik 2019/2020, (3) pengaruh intensitas penggunaan instagram dan motif penggunaan instagram secara simultan terhadap eksistensi diri pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo tahun akademik 2019/2020.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 67 responden yang diperoleh dari teknik menentukan sample menurut Surahsimi Arikunto yakni 20 persen dari populasi yang berjumlah 335 mahasiswa. Teknik Analisis yang digunakan untuk menjawa rumusan masalalah 1 dan 2 menggunakan analisis regresi linier sederhana, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah nomer 3 menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: (1) secara parsial ada pengaruh antara intensitas penggunaan instagram terhadap eksistensi diri sebesar 40,3% serta berdasarkan uji regresi sederhana yang dilakukan menunjukkan nilai thitung > ttabel (6,622 > 1, 625), (2) secara parsial ada pengaruh antara motif penggunaan instagram terhadap eksistensi diri sebesar 48% serta berdasarkan uji regresi sederhana yang dilakukan menunjukkan nilai thitung > ttabel (7,752 > 1,625), (3) secara simultan ada pengaruh antara intensitas penggunaan instgram dan motif penggunaan instagram terhadap eksistensi diri sebesar sebesar 55,6% serta berdasarkan hasil uji regresi berganda yang dilakukan menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (40,051 > 3,14).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Sep 2020 02:36
Last Modified: 29 Sep 2020 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10826

Actions (login required)

View Item View Item