analisis hukum perjanjian syariah terhadap kontrak baku dalam perjanjian tki di pt eka management ponorogo

Ngarifin, Achmad Syamsul (2020) analisis hukum perjanjian syariah terhadap kontrak baku dalam perjanjian tki di pt eka management ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload.docx

Download (873kB)

Abstract

ABSTRAK
Ngarifin, Achmad Syamsul. 2020. Analisis Hukum Perjanjian Syariah terhadap Kontrak Baku dalam Perjanjian TKI di PT Eka Management Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.pembimbing Dr. Miftahul Huda,M.Ag.
Kata Kunci: Hukum perjanjian syariah, Kontrak baku, Tenaga Kerja Indonesia.
Bekerja di luar negeri hari ini menjadi pemandangan yang wajar di dalam kehidupan masyarakat. Tergiur tingginya gaji menjadi factor utama selain faktor lain seperti sulitnya mencari lapangan pekerjaan di dalam negeri. Ponorogo. Hal tersebut patut dimaklumi sebab jasa pengiriman tenaga kerja keluar negeri di Ponorogo tak ubahnya jamur. Namun merebaknya jasa pengiriman tenaga kerja tak di imbangi dengan pengawasan, terbukti dari temuan organisasi Keluarga Besar Buruh Migran, masih banyak jasa pengiriman tenaga kerja ke luar negeri secara ilegal. Sebab paling sering adalah tidak diperpanjangnya izin PT.Selain persoalan izin, minimnya waktu untuk membaca isi perjanjian seakan menjadi hal klasik dikonteks penandatanganan kontrak. kurangnya dalam penguasaan bahasa yang dituju juga menjadi permasalahan, alhasil para calon tenaga kerja biasanya hanya membaca klausul yang berbicara tentang besaran gaji, tugas-tugasnya, dan lokasi dimana dia bekerja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana analisis Hukum Perjanjian Syariah terhadap syarat pada kontrak baku dalam perjanjian TKI di PT Eka Management Ponorogo, Bagaimana analisis Hukum Perjanjian Syariah terhadap asas pada kontrak baku dalam perjanjian TKI di PT Eka Management Ponorogo.
Adapun teori penelitian yang digunakan penulis adalah hukum perjanjian syariah ditinjau dari syarat perjanjian syariah: terjadinya akad, keabsahan akad, kepastian akad, pelaksanaan akad.Dan ditinjau dari asas perjanjian syariah: asas ibadah, asas kebebasan berkntrak, asas persamaan, asas kesetimbangan, asas kemaslahatan, asas kepercayaan, asas keadilan, asas keridhoan, asas tertulis, asas kejujuran, asas itikad baik.
Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa yang menggunakan metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, analisis hokum perjanjian syariah terhadap syarat pada kontrak baku di PT. Eka Management telah memenuhi empat syarat dalam hukum Islam. Artinya dalam konteks syarat PT Eka Management tidak keluar dari ketentuan agama Islam. Kedua, analisis hokum perjanjian syariah terhadap asas pada kontrak baku di PT. Eka Management telah melanggar asas kesetimbangan, sebab di PT Eka Management adanya kontrak dengan menggunakan bahasa asing sesuai dengan negara tujuan membuat calon tenaga kerja sulit memahami isi kontrak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:56
Last Modified: 28 Sep 2020 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10825

Actions (login required)

View Item View Item