Motivasi Anggota Dan Peran Tim Reaksi Cepat (TRC) Dalam Bekerja Di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo

Agustin, Aam Amelia (2020) Motivasi Anggota Dan Peran Tim Reaksi Cepat (TRC) Dalam Bekerja Di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BPI_AAM AMELIA AGUSTIN_211516002_ FUAD 2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aam Amelia Agustin, 2020. Motivasi Anggota Dan Peran Tim Reaksi Cepat (TRC) Dalam Bekerja Di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, S.HI., MA.

Kata Kunci: Motivasi, Bekerja, Peran, TRC, Bencana, Tim Reaksi Cepat.

Salah satu pekerjaan di Kabupaten Ponorogo yang mengandung unsur kesempatan, tantangan, dan harapan adalah menjadi anggota dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Ponorogo. Tim ini bekerja dalam bidang sosial kebencanaan yang memiliki kekhasan yaitu beranggotakan relawan yang berjiwa sosial yang tinggi dan memiliki keahlian dalam penyelamatan. Waktu bekerja berkaitan dengan kejadian bencana, kondisi fisik dan psikis yang kuat dan baik, tanggungjawab atas keselamatan orang lain dan risiko besar dan berat di medan saat terjadinya bencana mengiringi pelaksanaan tugas dalam bekerja bagi TRC.
Penelitian ini memiliki tujuan yang menjawab rumusan masalah yaitu untuk mengetahui motivasi anggota TRC dalam bekerja, untuk mengetahui peran TRC bekerja di BPBD Kabupaten Ponorogo, dan untuk mengetahui motivasi anggota TRC berlaku dalam pelaksanaan peran dari TRC di BPBD Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data didapatkan dari sampel subjek penelitian berdasarkan purposive sampling yang berjumlah 2 anggota laki-laki belum menikah dan 2 anggota laki-laki sudah menikah dari 20 jumlah seluruh anggota TRC, Kabid dan Kasi Bidang Kedaruratan dan Logistik, dan Kasubag Umum dan Kepegawaian BPBD Kabupaten Ponorogo, dan regulasi pemerintahan.
Untuk mengetahui motivasi anggota TRC bekerja di TRC BPBD Kabupaten Ponorogo, penulis dalam menganalisis data menggunakan Teori Dua Faktor Frederick Hezberg. Hasilnya adalah motivasi anggota TRC dalam bekerja terdiri dari motivasi intrisik berupa keinginan, memiliki skill atau keahlian dalam penyelamatan, dan keyakinan diri. Motivasi ekstrinsik berupa dukungan dari orang lain dan motivasi dari BPBD Kabupaten Ponorogo yang terdiri dari: gaji, pengakuan dan pendampingan kerja, jam kerja, Markas komando (Mako), dan penyampaian aspirasi.
Peran TRC di BPBD Kabupaten Ponorogo adalah pada pelaksanaan penggalian informasi untuk pengkajian cepat di lokasi kejadian saat terjadi bencana dan penambahan personel. Dengan motivasi bekerja tersebut menghasilkan rasa kepuasan dan senang bagi anggota TRC. Anggota TRC dapat membantu sesama manusia yang membutuhkan pertolongan pada kebencanaan. Sehingga pelaksanaan peran TRC di BPBD Kabupaten Ponorogo berupa kaji cepat dan penanganan bencana serta menambah jumlah personel dari BPBD Kabupaten Ponorogo dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:18
Last Modified: 18 Sep 2020 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10823

Actions (login required)

View Item View Item