coping ibu sebagai orang tua tunggal di dusun pondok desa sendang kecamatan jambon kabupaten ponorogo

Vegasari, Findi Artias (2020) coping ibu sebagai orang tua tunggal di dusun pondok desa sendang kecamatan jambon kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi setor perpus-converted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Artias, Vegasari Findi. 2020. Coping Ibu Sebagai Orang Tua Tunggal Dalam Pengasuhan Anak (Studi Kasus di Dusun Pondok, Desa Sendang, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo).Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Lia Amalia, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci: Coping Ibu Tunggal, Orang Tua Tunggal, Pengasuhan anak
Keluarga merupakan institusi terkecil dalam masyarakat yang terikat dan saling berinteraksi. Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri atas suami, istri, dan anak. Namun, saat struktur keluarga mengalami perubahan seperti salah satu pasangannya tidak ada, maka akan ada orang tua tunggal. Ketidak adanya pasangan bisa disebabkan oleh perceraian atau kematian. Orang tua tunggal adalah keluarga yang hanya terdiri dari satu orang tua yang dimana mereka secara sendirian membesarkan anak-anaknya tanpa kehadiran, tanggung jawab pasangannya dan hidup bersama dengan anak-anaknya dalam satu rumah.Maka tidak menutup kemungkinan ketika ibu tunggal menjalankan kedua peran tersebut mengalami banyak tekanan ataupun beban, terlebih lagi ibu tunggal pasti mengalami kesedihan dan kekecewaan pada saat berpisah ataupun ditinggal oleh pasangannya, dan itu semua dapat menimbulkan stres bagi sang ibu. Untuk mengantisipasi timbulnya stres yang berkepanjangan akibat beban atau tekanan yang dirasakan ibu, maka ibu tunggal memerlukan adanya strategi pengelolaan stres atau disebut dengan coping.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) bagaimana coping ibu sebagai orang tua tunggal akibat perceraian (2) bagaimana coping ibu sebagai orang tua tunggal akibat kematian.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa (1) Coping yang dilakukan oleh ibu tunggal akibat perceraian menurut Lazarus dan Folkman yaitu emotion focused coping(2) coping yang dilakukan oleh ibu tunggal akibat kematian menurut Lazarus dan Folkmanyaitu problem focused coping.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:50
Last Modified: 16 Sep 2020 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item