Analisis Mas}lah{ah Penggunaan Media Sosial Terhadap Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan)

Rahmawati, Marlina (2020) Analisis Mas}lah{ah Penggunaan Media Sosial Terhadap Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-THESES MARLINA RAHMAWATI (210116042).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rahmawati, Marlina. 2020. Analisis Mas}lah}ah Penggunaan Media Sosial Terhadap Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan).Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ika Rusdiana. M.A.

Kata kunci/keywod: Mas}lah}ah, Media Sosial, Keharmonisan Keluarga.

Mas}lah}ah dapat diartikan segala sesuatu yang mendatangkan manfaat atau terhindarnya dari sesuatu yang dapat menimbulkan kemudaratan. Seperti di era saat ini manusia banyak menciptakan teknologi canggih yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan sehari-hari, seperti adanya media sosial yang kini sudah digunakan oleh masyarakat luas. Penggunaan media sosial makin marak terjadi pada beberapa keluarga di Kecamatan Magetan. Hal ini memiliki manfaat positif serta manfaat negatif utamanya dari segi komunikasi dan ekonominya. Jika dilihat dari aspek mas}lah}ah banyak manfaat yang baik dari adanya media sosial dalam keluarga, namun tidak semua keluarga bisa mengatur pemanfaatan media sosial.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan mas}lah}ah penggunaan media sosial terhadap fungsi komunikasi dalam keluarga? (2) Bagaimana tinjauan mas}lah}ah penggunaan media sosial terhadap fungsi ekonomi dalam keluarga? (3) Bagaimana tinjauan ma}slah}ah terhadap upaya penyelesaian konflik keluarga akibat media sosial?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah menggunakan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial oleh keluarga di Kecamatan Magetan ditinjau dari segi mas}lah}ah komunikasi keluarga dapat dibedakan menjadi dua aspek, yaitu fungsi komunikasi keluarga katagori mas}lah}ah al-d}aru>ri>yyah, karena komunikasi sebagai faktor pendukung keharmonisan keluarga serta fungsi media sosial pada komunikasi keluarga katagori mas}lah}ah al-h}a>ji>yah, karena media sosial diera saat ini membantu komunikasi keluarga jarak jauh, namun tidak pula menjadi faktor utama dalam keharmonisan keluarga. Dari fungsi ekonominya termasuk mas}lah}ah al-h}a>ji>yah, karena media sosial memberikan dampak positif bagi sebagian keluarga yang memanfaatkan media sosial seperti bisnis online, dan termasuk katagori h}i>fz} al-mal yaitu memelihara harta. Adapun upaya penyelesaian konflik keluarga akibat media sosial ditinjau dari aspek mas}lah}ah termasuk mas}lah}ah al-D}ar>ur>i}yah karena suatu upaya keluarga utamanya orang tua dan anak yang dilakukan untuk penyelesaian konflik merupakan faktor pendukung agar suatu keluarga tetap berjalan harmonis hal ini termasuk h}i>fz} al-nafs yaitu memelihara jiwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:49
Last Modified: 11 Sep 2020 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10819

Actions (login required)

View Item View Item