Studi Komparasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Ilmu Peng etahuan Sosial) Kelas V Di SD Negeri 4 Mangkujayan Ponorogo Tahun Pelajaran 2016-2017

Sulistyo, Joko (2017) Studi Komparasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Ilmu Peng etahuan Sosial) Kelas V Di SD Negeri 4 Mangkujayan Ponorogo Tahun Pelajaran 2016-2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
joko.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sulistyo, Joko. 2016. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Ilmu Peng etahuan Sosial) Kelas V Di SD Negeri 4 Mangkujayan Ponorogo Tahun Pelajaran 2016-2017.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo. Pembimbing Drs. H. Miftahul Ulum, M.Ag
Kata Kunci : Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil Belajar, Mind Mapping
Hasil belajar yang maksimal merupakan hal yang sangat diinginkan oleh semua orang baik peserta didik, sekolah, bahkan orang tua. Keberhasilan suatu pendidikan sangat dipengarui oleh proses pembelajaran yang berlangsung. Namun realita yang terjadi di SDN 4 Mangkujayan kelas V pada mata pelajaran IPS hasil belajar peserta didik masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena pembelajaran IPS tidak dikemas dengan metode yang menarik serta menyenangkan. Guru seringkali menyampaikan materi dengan ceramah sehingga pembelajaran IPS cenderung membosankan dan kurang menarik minat siswa. Maka dari itumemerlukan metode yang dapat mendukung dalam proses pembelajaran. Metode mind mapping mampu meningkatkan keberanian siswa dalam melakukan presentasi melatih siswa dalam berdiskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembelajan mind mapping terhadap hasil belajar siswa.
Sampel penelitian ini meliputi 27 siswa kelas Vb SD Negeri 4 Mangkujayan sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas Va SD Negeri 4 Mangkujayan sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini variabel bebasnya (X) adalah metode pembelajaran Mind Mapping dan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat eksperimental. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa 21 soal pilihan ganda. Dalam menganilisis data digunakan metode statistik dengan teknik analisis Komparasional dengan menggunakan tes “T”.
Analisis data menunjukkan bahwa kedua kelompok berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan bervariasi sama (homogen). Rerata tes hasil belajar kelas eksperimen = 74 yang berarti lebih tinggi dari rerata tes hasil belajar kelas kontrol = 67. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t juga menunjukkan thitung = 2.165> ttabel = 2.01, maka Ha diterima. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping dengan Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Sep 2020 07:12
Last Modified: 04 Sep 2020 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10816

Actions (login required)

View Item View Item