problematika guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sdn i jarak siman ponorogo tahun pelajaran 2015/2016

Albustani, Misbahul Arfin (2017) problematika guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sdn i jarak siman ponorogo tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi ku.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tingkah laku peserta didik di era kemajuan teknologi banyak dipengaruhi oleh beberapa alat digital seperti televisi, handphone, dan beberapa media social yang berpengaruh pada kedisiplinan peserta didik. Selain itu faktor internal yang mempengaruhi kedisiplinan peserta didik berupa malas, rendahnya motivasi belajar, kesadaran, dan pembiasaan diri. Berdasarkan faktor internal dan eksternal tersebut timbul problematika yang menghambat kedisiplinan peserta didik di sekolah.
Berangkat dari masalah tersebut, masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana problematika kedisiplinan siswa di SDN 1 Jarak Siman Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi problematika kedisiplinan siswa di SDN 1 Jarak Siman Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016? (3) Bagaiman upaya guru dalam meningkatan kedisiplinan siswa di SDN 1 Jarak Siman Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016?
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan diskriptif analitik, serta menggunakan teknik wawancara untuk mengumpulkan data dan informasi, teknik observasi digunakan untuk mencari data, dan teknik dokumentasi untuk membuktikan hasil pengamatan penelitian.
Dari hasil penelitian, yaitu : (1) siswa tidak menaati peraturan dan sulit dikontrol. (2) faktor intern berupa kurangnya tingkat kesadaran siswa akan pentingnya kedisiplinan dan kurangnya pemahaman secara pasti tentang arti disiplin, dan ekstern berupa pengaruh dari lingkungan keluarga dan masyarakat. (3) Upaya yang digunakan untuk mengatasi adanya problematika tersebut yaitu menggunakan teknik control intern, yang mana tekhnik ini mengajarkan bahwa guru sebagai figur atau teladan yang akan dicontoh oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KHARISUL WATHONI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:42
Last Modified: 04 Sep 2020 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10815

Actions (login required)

View Item View Item