(LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN BELUM ADA)Pembelajaran Active Learning Untuk Perkembangan Vocal Skill Dan Social Skill Kelas X Di Madrasah Ma Ma’Arif Al-Fallah Ngrayun Ponorogo Tahun Pelajaran 2018-2019

Santoso, Edi (2020) (LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN BELUM ADA)Pembelajaran Active Learning Untuk Perkembangan Vocal Skill Dan Social Skill Kelas X Di Madrasah Ma Ma’Arif Al-Fallah Ngrayun Ponorogo Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_EDI SANTOSO-converted-dikonversi.pdf

Download (984kB) | Preview

Abstract

Edi Santoso 2015, Pembelajaran active learning untuk perkembangan vocal skill dan social skill di kelas X di Ma Ma’Arif Al-Falah Ngrayun Ponorogo tahun Pelajaran 2018-2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Kasnun M. Ag
Kata Kunci : Active Learning, belajar aktif
Pada proses penerapan pembelajaran saat ini tenaga pendidik harus mampu membangkitkan minat belajar siswa atau peserta didik untuk lebih aktif berperan dalam proses kegiatan belajar dan memberikan pula kesempatan yang lebih untuk siswa dalam menambah penegetahuan dan mengembangkan potesi diri baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Salah satu sasaran kognitif adalah pemahaman sebagai dari suatu pembelajaran. Seperti realita yang terjadi pada Madrasah Aliyah AL-Falah Ngrayun Ponorogo, output atau hasil belajar siswa terlihat ada perkembangan melalui penerapan strategi active learning atau belajar
aktif, terbukti perkembanagan peserta didik di Madrasah Aliyah Ngrayun Ponorogo ada perkembangan di lihat dari aspek kominikasi dan sosial peserta didik di sekolah Madrasah Aliyah Al-Falah Ngrayun ponorogo. Oleh karena
tenaga pendidik dapat memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat mengubah perkembangan siswa menjadi lebih baik atau aktif. Strategi yang berorientasi pada keaktifan sisiwa akan membawa siswa menemukan jarti dirinya sebagai peserta didik dan mampu meningkatkan hasil belajar khususnya di bidang akaedmisi baik aspek komunikasi (vocal skill) dan (social skill) intraksi sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan bagaiamana pembelajaran di Ma Ma’Arif Al-Falah Ngrayun Ponorogo. (2) Mengidentifikasi strategi apa yang di gunakan guru dalam mencetak peserta didik yang unggul dan
berprstasi. (3) Mengetahui strategi dalam megembangkan peserta didik yang memiiki pengetahuan dan wawasan yang luas.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapanpembelajaran active learning yang di terapkan di Ma Ma’Arif Al-Falah Ngrayun dapat meningkatkan dan menumbuhkan perkembangaan pada aspek (vocal skill)
komunikasi dan (social skill) intraksi sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kasnun
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: alwan wibawanto
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:14
Last Modified: 31 Aug 2020 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10813

Actions (login required)

View Item View Item