[LEBAR KEASLIAN TULISAN BELU ADA MATERAI] Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa di TPA Desa Banjarejo Kec. Ngariboyo Kab. Magetan Tahun Ajaran 2019/2020

Suryaning Ariria Setiawan, Inten (2020) [LEBAR KEASLIAN TULISAN BELU ADA MATERAI] Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa di TPA Desa Banjarejo Kec. Ngariboyo Kab. Magetan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi_210316424_ INTEN SURYANING ARIRIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI TPA DESA BANJAREJO KEC. NGARIBOYO KAB. MAGETAN TAHUN AJARAN 2019/2020

SKRIPSI

Oleh:
INTEN SURYANING ARIRIA SETIAWAN
NIM: 210316424

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH & ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PONOROGO
2020

ABSTRAK
Suryaning, Inten. 2020. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an Desa Banjarejo kec. Ngariboyo Kab. Magetan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Perhatian Orangtua dan Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an
Belajar merupakan suatu proses perkembangan. Dan perkembangan itu sendiri memerlukan dukungan baik dari diri siswa maupun dari lingkungan siswa itu sendiri, seperti yang diketahui bahwa lingkungan juga memiliki peran penting dalam mempengaruhi perkembangan. Penelitian ini membahas tentang hasil belajar membaca Al-Qur’an, belajar membaca Al-Qur’an dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya status sosial ekonomi yang mana tentang pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua dan pendapatan orangtua. Perhatian orangtua, merupakan peran orangtua dan keberadaan orangtua ketika siswa berada di rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Status Sosial Ekonomi terhadap hasil belajar membaca Al-Qur’an siswa di TPA desa Banjarejo Kec. Ngariboyo kab. Magetan. (2) Pengaruh Perhatian Orangtua terhadap hasil belajar membaca Al-Qur’an di TPA desa Banjarejo Kec. Ngariboyo kab. Magetan. (3) Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Perhatian Orangtua Terhadap hasil Belajar Membaca Al-Qur’an di TPA desa Banjarejo Kec. Ngariboyo Kab. Magetan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, pengumpulan data status sosial ekonomi dan perhatian orangtua menggunakan angket sedangkan hasil belajar membaca Al-Qur’an didapatkan dari dokumentasi. Tehnik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Adapun teknik analisis data pada penenlitian ini yaitu dengan analisis regresi linier berganda, Hasil penelitian ini menunjukan : (1) bahwa status sosial ekonom tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil belajar membaca Al-Qur’an, Hal ini diketahui dari hasil Uji F dan uji T yang menyatakan bahwa Hasil signifikasi variable bebas status sosial ekonomi ialah sebesar 0,249 yang mana Hasil ini lebih besar dari pada 0.05. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan status sosial ekonomi tidak berpengaruh secara signifikan. (2) perhatian orangtua tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an siswa. Hal ini diketahui dari hasil Uji F dan uji T yang menyatakan bahwa Hasil signifikasi variable bebas perhatian orangtua ialah sebesar 0,165 yang mana Hasil ini lebih besar dari pada 0.05. (3) Status sosial ekonomi dan perhatian orangtua tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar membaca Al-Qur’an Siswa, hal ini diketahui hasil variabel bebas 0,272˃0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:26
Last Modified: 31 Aug 2020 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10809

Actions (login required)

View Item View Item