Konsep Mendidik Anak Dalam Kitab Ta'diib Al-Baniin Wa Al-Banaat Karya Syeikh As'ad Muhammad Sa'id Asshoghirjy Dan Relevansinya Dengan Pola Asuh Orang Tua Dalam Islam

Rofikoh, Riska (2020) Konsep Mendidik Anak Dalam Kitab Ta'diib Al-Baniin Wa Al-Banaat Karya Syeikh As'ad Muhammad Sa'id Asshoghirjy Dan Relevansinya Dengan Pola Asuh Orang Tua Dalam Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315098 RISKA ROFIKOH.pdf

Download (959kB) | Preview

Abstract

Pola asuh adalah suatu proses yang ditujukan untuk meningkatkan serta mendukung perkembangan anak sejak bayi hingga dewasa. Pola asuh adalah cara orang tua dalam berinterkasi dan mendidik anak-anaknya. Dalam pendidikan agama islam (diraasah al-islamiyah) yang diajarkan pada pondok-pondok pesantren. Berkaitan dengan pentingnya pendidikan anak dan cara orang tua dalam mendidik putra-putrinya, kitab Ta'diib al-Baniin wa al-Banaat karya Syeikh As'ad Muhammad Sa'id Asshoghirjy memberikan ulasan mengenai hal tersebut. Kitab ini membahas mengenai hak-hak seorang anak yang diberikan oleh kedua orang tua kepada mereka.
Berdasarkan uraian diatas, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep mendidik anak menurut kitab Ta'diib al-Baniin wa al-Banaat karya Syeikh As'ad Muhammad Sa'id Asshoghirjy?, 2) Bagaimana pola asuh orang tua dalam islam?, 3) Bagaimana relevansi konsep mendidik anak dalam kitab Ta'diib al-Baniin wa al-Banaat dengan pola asuh orang tua dalam islam?
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji kitab Ta'diib al-Baniin wa al-Banaat karya Syeikh As'ad Muhammad Sa'id Asshoghirjy, kemudian di analisis dengan menggunakan metode contect analysis atau analisis isi.
Penelitian menunjukkan bahwa (1) Hak-hak anak dalam kitab Ta'diib al-Baniin wa al-Banaat karya Syeikh As'ad Muhammad Sa'id Asshoghirjy diberikan sejak lahir hingga dewasa. (2) Pola asuh orang tua dalam islam berpedoman dari al-qur'an dan hadist-hadist dari Rasulullah Saw. (3) Adapun hasil analisis menyatakan bahwa konsep mendidik anak di dalam kitab Ta'diib al-Baniin wa al-Banaat karya Syeikh As'ad Muhammad Sa'id Asshoghirjy relevan dengan pola asuh orangtua dalam islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Aug 2020 05:16
Last Modified: 31 Aug 2020 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10806

Actions (login required)

View Item View Item