aktualisasi kegiatan takra>r, musyawarah gabungan(musy-gab) dan bah}thul masa>’il serta relevansinya dengan standar kompetensi lulusan (skl) di madrasah miftahul huda mayak

Ni'am, Miftahul (2015) aktualisasi kegiatan takra>r, musyawarah gabungan(musy-gab) dan bah}thul masa>’il serta relevansinya dengan standar kompetensi lulusan (skl) di madrasah miftahul huda mayak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Miftahul Ni'am.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan pendidikan keagamaan adalah peserta didik yang memahami dan
mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan atau menjadi ahli ilmu agama yang
berwawasan luas, kritis, kreatif, inovatif dan dinamis dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Dalam rangka
memenuhi tujuan di atas, maka Madrasah Miftahul Huda Mayak mengadakan
kegiatan
Takra>r, Musyawarah Gabungan (Musy-Gab) dan Bah}thul Masa>’il.
Berdasarkan data di atas, maka peneliti bermaksud mengadakan penelitian
dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana latar belakang diadakannya kegiatan
Takra>r, Musyawarah Gabungan (Musy-Gab) dan Bah Bah}thul Masa>’il di
Madrasah Miftahul Huda Mayak? (2) Bagaimana implementasi kegiatan Takra>r,
Musyawarah Gabungan (Musy-Gab) dan
Bah}thul Masa>’il di Madrasah Miftahul
Huda Mayak? (3) Bagaimana relevansi kegiatan
Takra>r, Musyawarah Gabungan
(Musy-Gab) dan
Bah}thul Masa>’il dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) di
Madrasah Miftahul Huda Mayak?
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data metode wawancara,
observasi dan dokumentasi.
Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi
data, display data dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) latar belakang
diadakannya kegiatan
Takra>r adalah menyeimbangkan pemahaman santri
terhadap materi sekolah pagi dan sekolah sore. Sementara Musyawarah Gabungan
(Musy-Gab) adalah meningkatkan semangat murid dalam mengikuti kegiatan
Takra>r. Sementara Bah}thul Masa>’il adalah kesadaran lembaga terhadap peran
dan tanggungjawab santri sebagai agent of change di masyarakat (2) Aktualisasi
kegiatan
Takra>r adalah jenjang kelas 1 & 2 mengulang materi dengan bimbingan
dari penjaga kegiatan, sementara Musyawarah Gabungan (Musy-Gab) adalah
tahap persiapan (pembentukan panitia, penyebaran soal, pencarian takbir, dll) &
tahap pelaksanaan (menggunakan metode diskusi), sementara
Bah}thul Masa>’il
sama dengan musyawarah Gabungan (Musy-Gab) dengan cakupan peserta seluruh
komponen pondok pesanren. (3) Relevansi kegiatan
Takra>r, Musyawarah
Gabungan (Musy-Gab) dan
Bah}thul Masa>’il dengan standar kompetensi lulusan
(SKL) di Madrasah Miftahul Huda Mayak adalah ketiga kegiatan tersebut
menunjang terhadap pembentukan pribadi dan karakter murid dalam rangka untuk
mempersiapkan peserta didik mendalami ilmu agama dan menjadi panutan di
masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Much. Saichu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Aug 2020 04:33
Last Modified: 10 Aug 2020 04:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10779

Actions (login required)

View Item View Item