pentingnya kegiatan pembacaan kitab al-barzanji untuk mengembangkan nilai-nilai pendidikan agama islam di era globalisasi di pondok pesantren darussalam bangunsari ponorogo

Chusna, Asmaul (2020) pentingnya kegiatan pembacaan kitab al-barzanji untuk mengembangkan nilai-nilai pendidikan agama islam di era globalisasi di pondok pesantren darussalam bangunsari ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi_210316406_Asmaul Chusna.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Chusna, Asmaul. 2020. “Pentingnya Kegiatan Pembacaan Kitab Al-Barzanji Untuk Mengembangkan Nila-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi Di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Al-Barzanji, Nila-Nilai Pendidikan Agama Islam, Globalisasi
Nilai-nilai pendidikan agama Islam adalah kumpulan dari prinsip-prinsip hidup yang saling terkait yang berisi ajaran-ajaran guna memelihara dan mengembangkan fitrah manusia serta sumber daya manusia yang ada padanya menuju manusia yang terbentuk seutuhnya. Sedangkan aspek-aspek yang dapat mengembangkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dapat diperoleh melalui kegiatan keagamaan. Kitab Al-Barzanji merupakan kitab yang berisi tentang syair pujian, sanjungan (Mahdah), kisah kehidupan atas Nabi Muhammad SAW. Menariknya kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo menggunakan alat musik rebana/hadroh dalam mengiringi pembacaan syair-syair Al-Barzanji guna meningkatkan semangat dan atusias santri dalam mengikuti kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji yang mana makna yang terkandung didalam kitab Al-Barzanji dapat menjadi tuntunan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan keadaan santri..
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan dokumentasi. Sedangkanteknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Latar Belakang diadakannya kegiatan pembacaan kitab Al-Barzanji adalah Dalam lingkungan pendidikan pesantren, tidak hanya transfer ilmu melalui pembelajaran yang berada di dalam kelas saja melainkan pembinaan norma dan nilai pada diri santrimelallui kegiatan-kegiatan keagaman seperti kegiatan Al-Barzanji2)kegiatan pembacaan kita Al-Barzanji dilaksanakan pada moment-moment tertentu seperti pada maulid Nabi dan juga rutin dilaksanakan santri secara bersama dengan para ustad setiap malam minggu pahing ba’dha isya’ untuk Susunan acara kegiatannya berupa pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, maulidho khasanah di langsungkan dengan pembukaan pembacaan Al-Barzanji di awali dengan tawasul kepada Nabi, ulama’, khususnya pengarang kitab Al-Barzanji serta masayaikh, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kitab Al-Barzanji yang terdiri dari ya rabbi, ya Rasul, pembacaan atiril, sholawat shimtu duror dan di tutup dengan doa 3) peran kegiatan pembacaan kitab Al-Barznjidalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan agama Islam nampak pada pada nilai I’tiqodiyya, Nilai khuluqiyyah dan nilai A’maliyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:49
Last Modified: 03 Aug 2020 03:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10772

Actions (login required)

View Item View Item