(PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) Analisis Implemestasi Pengawasan Pada UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus UD Sukri Dana Abadi Cabang Babadan Ponorogo)

Adiyanti, Vivi Wahyu (2020) (PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) Analisis Implemestasi Pengawasan Pada UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus UD Sukri Dana Abadi Cabang Babadan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adiyanti, Vivi Wahyu. 2020. Analisis Implementasi Pengawasan Pada UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus UD Sukri Dana Abadi Cabang Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Kata Kunci: Pengawasan, Meningkatkan Kinerja

Pabrik sapu UD Sukri Dana Abadi Cabang Babadan melaksanakan pengawasan terhadap kinerja karyawannya oleh seorang mandor yang ditunjuk langsung oleh pemilik pabrik sapu tersebut. Dalam penerapan sistem pengawasan yang dijalankan, pabrik tersebut sudah menjalankan pengawasan secara menyeluruh terhadap setiap unit produksi, akan tetapi selalu terjadi kesalahan dalam proses produksi secara berulang, sehingga harus dua kali kerja dalam mengulang proses pembuatan produk. Hal tersebut dirasa tidak efektif karena sangat membuang waktu, tenaga, dan biaya dalam proses produksi dan peningkatan kinerja karyawannya. Dari latar belakang tersebut peneliti menggunakan dua rumusan masalah dalam penelitian. 1. Bagaimana manajemen pengawasan dalam mengontrol kinerja karyawan pada UMKM UD Sukri Dana Abadi Cabang Babadan Ponorogo ? 2. Bagaimana manfaat pengawasan terhadap kinerja karyawan pada UMKM UD Sukri Dana Abadi Cabang Babadan Ponorogo ?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitin dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, yaitu diawali dengan pernyataan umum dan diakhiri dengan kesimpulan yang khusus.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, dapat disimpulkan menjadi dua bagian: 1. Manajemen pengawasan yang diterapkan menggunakan jenis pengawasan preventif dan pengawasan represif dengan metode pengawasan langsung dan tidak langsung, Namun, kesalahan-kesalahan dalam produksi terus berlanjut. Hal itu terjadi karena seorang mandor teledor dalam mengawasi pelaksanaan pekerjaan dan sikap mandor yang kurang tegas dalam menegur karyawan yang melakukan kesalahan saat produksi. 2. Peningkatan kinerja karyawan sudah bagus dan terus meningkat jika dilihat dari segi kualitas dan kuantitas hasil produksi. Akan tetapi, keteledoran mandor dalam melakukan penyortiran sapu, mengakibatkan beberapa sapu rusak setelah sampai tahap finishing. Sehingga sapu harus dikerjakan ulang dan hal itu sangat membuang tenaga, waktu, dan biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:49
Last Modified: 28 Jul 2020 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10770

Actions (login required)

View Item View Item