Konsep Pendidikan Multikultural H.A.R.Tilaar dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

Amanatussholihah, Fitria (2020) Konsep Pendidikan Multikultural H.A.R.Tilaar dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD-1 FITRia Heuh.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Amanatussholihah, Fitria, 2020, Konsep Pendidikan Multikultural H.A.R Tilaar dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakulttas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata kunci : Multikultural dan Tujuan Pendidikan Islam.

Pendidikan menjadi faktor terpenting dalam usaha mengembangkan potensi dan pengetahuan serta nilai-nilai budaya. Dalam konteks masyarakat yang memiliki keragaman dalam berbagai aspek mulai dari agama, suku, etnis budaya tentu membutuhkan pemahaman mendalam juga kesadaran akan pentingnya pendidikan multikultural untuk memelihara kebersamaan serta integritas suatu bangsa. Dalam upaya mewujudkan usaha tersebut pendidikan multikultural dimaknai sebagai proses memahami keberagaman yang ada dan kesamaan untuk dapat saling menghargai sesama. Agar terwujudnya pemahaman terhadap multikultural maka harus diusahakan melalui cara yang tepat yaitu melalui pendidikan.
Multikultural dari sudut pandang tujuan pendidikan Islam yaitu sebagai titik akhir atau hasil yang dicita-citakan pada proses pendidikan. Keberagaman tidak hanya dalam konteks agama namun budaya dan kebiasaan merupakan implementasi dari tujuan pendidikan Islam yaitu insan kamil. Kendala yang dihadapi pendidikan Islam selama ini masih cukup serius dalam pelaksanaan pendidikan dan penekanan apa yang menjadi tujuan pendidikan Islam. Kurangnya rasa menghargai perbedaan yang melekat pada peserta didik terutama dalam konteks perbedaan agama.
Berkaitan dengan hal tersebut diatas penulis melakukan penelitian yang dimaksudkan untuk menggali pokok-pokok pikiran Tilaar mengenai pendidikan multikultural kemudian mencari titik relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam dengan judul Konsep Pendidikan Multikultural H.A.R Tilaar dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Dengan fokus penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana konsep pendidikan multikultural menurut H.A.R Tilaar? 2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan Multikultural H.A.R.Tilaar dengan tujuan pendidikan Islam?
Agar menemukan jawaban dari pertanyaan di atas penulis melakukan penelitian menggunakan pendekatan penelitian library research atau biasa disebut dengan penelitian telaah pustaka. Sumber data yang diperoleh untuk penelitian library research ini dapat berupa jurnal penelitian, disertasi, tesis, skripsi, laporan penelitian, buku teks, makalah, laporan seminar, dan atau terbitan-terbitan resmi pemerintah atau lembaga lain. Referensi tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis isi yang bertujuan untuk mendapatkan inti dari data dan informasi kemudian dianalisis dengan model berfikir deduktif, yakni berangkat dari teori umum untuk menemukan kesimpulan yang bersifat aplikatif.
Adapun hasil temuan dalam penelitian ini sebagai berikut : 1) konsep pendidikan multikultural dalam pandangan Tilaar adalah menerapkan pendidikan yang membudaya. Siswa tidak hanya cerdas dalam intelektual namun sadar akan keberagaman bangsa. Memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh peserta didik dalam memperoleh pendidikan tanpa melihat perbedaan latar belakang ras, budaya, etnis dan agama. Guna menghindari sikap diskriminasi, fanatisme sehingga terbentuk sikap yang toleran menghargai perbedaan dan berbudaya. 2) pemikiran Tilaar mengenai pendidikan multikultural relevan dengan tujuan pendidikan Islam. Dalam Islam dijelaskan bahwa tujuan pendidikan sesuai dengan tujuan diciptakannya makhluk Allah. Menjadi pemersatu bangsa membentuk insan kamil yang tidak hanya beribadah kepada Allah atau ghairu mahdlah namun juga menghargai keberagaman bangsa yang disebut sebagai ibadah mahdlah. Kaitannya dengan pendidikan multikultural bahwa agama memiliki dasar-dasar yang kuat dalam menerapkan penduk pendidikan yang juga memahami bangsa yang plural.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisuk Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jul 2020 04:37
Last Modified: 22 Jul 2020 04:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10765

Actions (login required)

View Item View Item