Signifikansi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V Dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Sopan Santun (Studi Kasus Di SDN Patihan Wetan Ponorogo)

Khoirummalizzakiya, Siti (2020) Signifikansi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V Dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Sopan Santun (Studi Kasus Di SDN Patihan Wetan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi_SITI KHOIRUMMALIZZAKIYA_210616012.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Khoirummalizzakiya, Siti. 2020. Signifikansi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 5
Dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Sopan Santun Siswa (Studi Kasus di
SDN Patihan Wetan). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo.
Pembimbing, M. Fathurohman, M.Ag..
Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Jawa, Nilai-nilai Karakter Sopan Santun, Fungsi
Komunikasi, Fungsi Edukasi, Fungsi Kultur.
Pembelajaran bahasa Jawa penting untuk diajarkan kepada peserta didik,
khususnya peserta didik usia Sekolah Dasar. Dalam pembelajaran bahasa Jawa kaya
akan nilai-nilai budaya, etika, norma dan adat istiadat. Selain itu, pembelajaran
bahasa Jawa juga memiliki fungsi yang berupa fungsi komunikasi, edukasi dan kultur
yang menjadi satu dalam pembelajaran bahasa Jawa yang memiliki nilai-nilai
karakter yang khas dari daerah Jawa terdapat didalamnya. Sehingga pembelajaran
bahasa Jawa dianggap pula sebagai media yang efektif dalam penanaman nilai-nilai
karakter sopan santun peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pembelajaran
bahasa Jawa dalam menanamkan nilai-nilai karakter sopan santun pada siswa, dan
untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Jawa dalam menanamkan
nilai-nilai karakter sopan santun siswa yang terdapat di SDN Patihan Wetan.
Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif
yang memiliki karakteristik alami dan lebih mementingkan proses. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi waktu. Teknik
analisis menggunakan analisis model Miles & Hubarman dengan menggunakan
langkah-langkah: mereduksi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran bahasa Jawa penting
untuk diajarkan kepada peserta didik karena dalamnya terdapat penanaman nilai-nilai
karakter, norma dan etika, serta pengenalan adat istiadat dan budaya. (2) proses
pembelajaran dan interaksi antara guru dan peserta didik berpengaruh dalam
penanaman nilai-nilai karakter sopan santun siswa. (3) signifikansi pembelajaran
bahasa Jawa bagi peserta didik adalah sebagai media penanaman nilai-nilai karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jul 2020 04:34
Last Modified: 22 Jul 2020 04:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10761

Actions (login required)

View Item View Item