pemberdayaan kewirausahaan santri (studi di pondok pesantren fathul ulum jombang)

Sholikhah, Miftahatus (2020) pemberdayaan kewirausahaan santri (studi di pondok pesantren fathul ulum jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UNGGAH PERPUSTAKAAN-dikonversi.pdf

Download (826kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sholikhah, Miftahatus. 2020. Pemberdayaan Kewirausahaan Santri di Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Ekonomi Syariah.

Kata kunci: Pembedayaan, Kewirausahaan, Santri, Pondok Pesantren.

Masalah yang sering terjadi di Negara Indonesia saat ini yaitu masalah pada pertumbuhan ekonomi yang tidak diimbangi dengan kesempatan tenaga kerja yang merata. Sehingga perlu adanya program pemberdayaan yang dilakukan untuk mengatasi masalah pengangguran. pemberdayaan adalah cara untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dengan melalui pengembangan potensi yang dimiliki seseorang. hal ini telah dilakukan oleh Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang melalui program santripreneur dengan melakukan pelatihan dan pengembangan usaha yang dimiliki pondok pesantren.
proses pemberdayaan yang dilakukan melalui tahap penyadaran melalui motivasi dan sosialisasi, pengkaasitasan dengan melalui identifikasi jenis usaha, permodalan, kaasitas pengelolaan dengan elatihan, dan pembejaran kewirausahaan, dan memberikan peluang kepada santri melalui pengembangan usaha yang dijalankan Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang dengan tujuan membentuk kemandirian santri.
penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik engumulan data. Dan teknik analisisnya adalah reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi.
Melalui penelitian ini ditemukan bahwa terlaksananya kegiatan pemberdayaan kewirausahaan di Pondok Pesantren Fathul Ulum Jombang terdiri dari kegiatan harian, mingguan, dan tahunan. Yaitu melalui proses penyadaran yang dilaksanakan sebelum adanya program santripreneur melalui pemberian motivasi dan sosialisasi yang dilakukan dengan memberikan ceramah setiap kegiatan dan study banding belajar bersama di sebuah perusahaan. Pelaksanaan rogram melalui proses pengkapasitasan dengan mengadakan pelatihan berbagai usaha diantaranya penjahitan, pertanian, pembangunan, percetakan, perikanan, tata boga, peternakan dan magiot BSF. Serta proses pemberian peluang kepada santri dengan melalui penge mbangan usaha yang dilakukan pondok pesantren yaitu peternakan, perikanan, magot BSF, catering, dan percetakan. Yang bertujuan untuk menciptakan kemandirian dalam digital maupun non digital dan mengurangi tingkat pengangguran yang terjadi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jul 2020 04:19
Last Modified: 22 Jul 2020 04:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10760

Actions (login required)

View Item View Item