Pengaruh Metode Outdoor Class dan Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Ix Mtsn 4 Madiun Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Abadhi, Ali Firdaus (2019) Pengaruh Metode Outdoor Class dan Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Ix Mtsn 4 Madiun Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_ALI FIRDAUS_210315034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Firdaus Abadhi, Ali. 2020. Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Class Dan Minat baca Anak Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas IX Di MTSN 4 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kadi, M.Pd.I

Kata Kunci : Metode Outdoor Class, Minat Baca, Hasil Belajar Akidah Akhlak

Keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil belajar yang maksimal dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terdiri dari faktor internal seperti minat, kecerdasan, bakat, perhatian, kesehatan, cara belajar, dan metode mengajar. Berdasarkan observasi awal di MTsN 4 Madiun, pembelajaran akidah akhlak yang dilakukan di kelas IX D masih menggunakan metode ceramah, yang mana dengan menggunakan metode ini konsekwensinya adalah pembelajaran akan terkesan monoton dan siswa pun akan cepat jenuh. Hal ini akan mengakibatkan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas IX D menjadi kurang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh metode outdorr class terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas IX MTsN 4 Madiun, (2) pengaruh minat baca anak terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas IX MTsN 4 Madiun, (3) pengaruh metode outdoor class dan minat baca siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak kelas IX MTsN 4 Madiun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas IX D MTsN 4 Madiun dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode outdoor class terhadap hasil belajar akidah akhlak. Metode outdoor class mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar akidah akhlak dengan hasil F hitung pada tabel anova sebesar 17.902 dengan perolehan taraf signifikansi 0,001. Adapun hasil dari perhitungan SPSS 16, metode outdoor class mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar akidah akhlak sebesar 54,4%. (2) Dalam Penelitian ini Minat baca juga memiliki pengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa dengan F hitung pada tabel anova sebesar 7.133. Dengan taraf signifikansi 0,017. Adapun pengaruh minat baca siswa terhadap hasil belajar siswa MTsN 4 Madiun sebesar 32,2%. (3) Dari hasil dari perhitungan SPSS 16, metode outdoor class dan minat baca siswa mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar akidah akhlak sebesar 67,4%, sedangkan sisanya di pengaruhi variabel yang lain. Hasil dalam penelitian ini dapat membuktikan teori jika metode outdoor class dan dan minat baca berpengaruh terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas IX D MTsN 4 Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KADI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:44
Last Modified: 28 Jul 2020 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10758

Actions (login required)

View Item View Item