[LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA] Strategi Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Organisasi (studi kasus di IPNU-IPPNU kecamatan Siman)

Ardianto, Farizal (2020) [LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA] Strategi Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Organisasi (studi kasus di IPNU-IPPNU kecamatan Siman). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP FARIZAL ARDIANTO PAI 2015.pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Ardianto, Farizal. 2020. Strategi Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama
Islam Melalui Kegiatan Organisasi (studi kasus di IPNU-IPPNU
Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Porogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi, Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Kegiatan Organisasi, IPNU-IPPNU Siman.
Untuk mencapai tujuan pendidikan agama Islam harus dilakukan di dalam
sekolah maupun luar sekolah. Di dalam sekolah formal pendidikan tingkat dasar
hingga perguruan tinggi. Sedangkan pendidikan agama Islam di luar sekolah atau
non formal adalah diadakannya TPQ dan lembaga organisasi lainnya seperti IPNU￾IPPNU, IPM, IMM, PMII dan masih banyak organisasi lain yang memberikan
pendidikan agama Islam di luar sekolah formal. Banyak lembaga pendidikan yang
telah menerapkan beberapa metode khusus untuk menanamkan nilai dan moral
anak khususnya nilai pendidikan agama, namun hasilnya belum cukup efektif, akan
tetapi dengan adanya pendidikan dari keluarga, sekolah dan organisasi, maka nilai- nilai agama Islam dapat ditanamkan secara efektif dan berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanasaan kegiatan
internalisasi nilai pendidikan agama Islam yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU
kecamatan Siman, (2) mendeskripsikan apa saja nilai-nilai pendidikan agama Islam
yang ditanamkan oleh organisasi IPNU-IPPNU Kecamatan Siman, (3)
mendeskripsikan hasil internalisasi pendidikan agama Islam yang dilakukan oleh
IPNU-IPPNU kecamatan Siman.
Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. kehadiran peneliti merupakan instrumen kunci. Datanya bersumber dari
kata-kata dan tindakan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data diperoleh dari reduksi, disajikan dan kemudian ditarik
kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah pertama, Pelaksanaan kegiatan internalisasi
nilai pendidikan agama Islam yang dilakukan oleh organisasi IPNU-IPPNU Siman
melalui kegiatan seperti, NTGSBS, tahlil, pengajian dan bakti sosial. Kedua, nilai- nilai pendidikan agama Islam yang ditanamkan oleh organisasi IPNU-IPPNU
Siman seperti nilai Aswaja (Ahlu Sunnah Wal Jamaah), nilai Akidah yaitu tentang
keyakinan kepada Tuhan YME, nilai Amaliyah yaitu nilai ibadah atau implementasi
dari nilai akidah dan nilai akhlak. Ketiga, hasil internalisasi nilai pendidikan agama
Islam yang dilakukan oleh organisasi IPNU-IPPNU Siman dapat dilihat dari sikap
kepribadian setiap anggota mampu menjaga etika dalam bermasyarakat, seperti
menghormati orang yang lebih tua, menjaga diri dari pergaulan bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:51
Last Modified: 14 Jul 2020 04:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10752

Actions (login required)

View Item View Item