(PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA)Analilis Perkembangan Koperasi Syariah di Kabupaten Pacitan

WINARYO, WINARYO (2020) (PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA)Analilis Perkembangan Koperasi Syariah di Kabupaten Pacitan. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
WINARYO-212116037-tesis lib.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Winaryo. Analisis Perkembangan Koperasi Syariah di Kabupten Pacitan. Tesis, Program Studi Ekonomi syariah, Program Pasca Sarjana, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Abid Rohmanu, M.H.I

Kata kunci: Koperasi Syariah, Akad Syariah.

Latar belakang, Iklim Perkembangan dan pertumbuhan tingkat perekonomian dikabupaten Pacitan semakin membaik, berbagai bidang pekerjaan dan usaha sudah mulai tumbuh dan berkembang. Dengan pertumbuhan perkonomian tersebut maka kebutuhan modal para pelaku usaha mengalami peningkatan guna untuk menjalankan usahanya. Disamping itu keberadaan lembaga keuangan syariah atau koperasi syariah yang notabenya lebih menguntungkan dari lembaga keuangan konvensional, baik dari segi pembagian bagi hasil dan hukum Islamnya. Sudah barang tentu lembaga keuangan syariah ini akan menjadi primadona bagi pelaku usahanya dan banyak yang berbondong bondong bergabung dalam koperasi syariah dan ikut menumbuhkan lembaga keuangan syariah berbasis koperasi di kabupaten Pacitan.
Namun realita di lapangan berbanding terbalik, Lembaga keuangan (koperasi) syariah yang di prediksikan bisa berkembang pesat malah terancam dicabut ijinnya di kabupaten Pacitan, dari sejumalah 93 lembaga Koperasi syariah lebih dari 50% akan di cabut operasionalnya oleh dinas koperasi kabupaten Pacitan.
Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada dua aspek, Pertama Bagaimana perkembangan lembaga keuangan (Koperasi) syariah di kabupaten Pacitan, dan Kedua, Faktor-Faktor yang mempengaruhi Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif karena hasil data yang di peroleh berupa kata-kata, tindakan serta argumen dari berbagai sumber. Data tersebut diperoleh dengan berbagai metode salah satunya wawancara, observasi lapangan serta studi dokumen terkait.
Dari penelitian yang dilakukan ini diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, kondisi perkembangan lembaga keuangan syariah (koperasi) di kabupaten Pacitan belum mampu menunjukan perkembangan yang signifikan, perkembangan lembaga koperasi syariah tergolong stagnan, yang disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya kurangnya dukungan pemerintah yang optimal dalam pengembangan lembaga keuangan syariah, keterbatasan SDM, keterbatasan modal, dan pemasaranya.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lembaga keuangan (koperasi) syariah belum mampu berkembang dan merebut peluang pasar di kabupaten Pacitan, untuk upaya menumbuhkan kembangkan lembaga keuangan (koperasi) ini harus di dukung oleh pemerintah dan berbagai pihak agar berjalan optimal dan bisa memberikan kemalahatan umat.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:33
Last Modified: 08 Jul 2020 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item View Item