strategi guru tpq dalam meningkatkan motivasi belajar santri di tpq al- fattah durenan, kecamatan sidorejo, kabupaten magetan

Ningsih, Rahayu (2020) strategi guru tpq dalam meningkatkan motivasi belajar santri di tpq al- fattah durenan, kecamatan sidorejo, kabupaten magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi upluod.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ningsih, Rahayu. 2020. Strategi Guru TPQ Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Melalui Pertemuan Wali Santri Di TPQ Al-Fattah Durenan, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama IslamFakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo, Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.
Kata Kunci:Guru TPQ, Meningkatkan Motivasi Belajar, Wali Santri.
Pendidikan sangatlah penting bagi kita semua khususnya pada seorang anak, karena dengan pendidikan seseorang akan mengetahui mana yang haq dan mana yang batil. Dalam agama Islam pendidikan tidak hanya dilakukan sampai sesorang merasa puas akan pengetahuan, berhenti mencari ilmu dan mengenyam suatu pendidikan, namun Islam mengajarkan bagi umatnya bahwa pendidikan itu dimulai dari sesorang lahir ke dunia ini sampai meninggal dunia. Allah SWT akan mengangkat derajat sesorang yang memuntut ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru TPQ dalam meningkatkan motivasi belajar santri melalui wali santri di TPQ Al-Fattah Durenan, Sidorejo, Magetan.
Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data ala Miles dan Huberman dengan model interaktif menggunakan redusi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan:(1)Bahwa memberitahukan tujuan belajar dan dorongan belajar kepada santri akan meningkatkan motivasi belajar. Karena semakin jelas tujuan belajar, maka akan semakin tinggi pula motivasi dalam belajar. (2) Guru harus mampu menberikan motivasi, dorongan dan fasilitas kepada santrinya untuk lebih giat belajar dan memahami etika dalam kehidupan sehari-hari. Karena pengetahuan saja tidaklah cukup. (3) Dalam lancar tidaknya suatu pendidikan juga tergantung pada santri itu sendiri, karena apabila dalam diri santri tidak ada kemauan untuk belajar dan tidak mau mengembangkan kemampuannya maka akan menghambat proses pendidikannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:28
Last Modified: 08 Jul 2020 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10737

Actions (login required)

View Item View Item