upaya guru dalam menggembangkan ketrampilan menggambar anak usia dini di ra al-iman desa nglandung kecamatan geger kabupaten madiun

prasetiyaningrum, nadiya (2020) upaya guru dalam menggembangkan ketrampilan menggambar anak usia dini di ra al-iman desa nglandung kecamatan geger kabupaten madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPAYA GU RU DALAM MENGEMBANGKAN KET RAMPILAN MENGGAMBAR ANAK USIA DINI DI RA AL.pdf

Download (816kB) | Preview

Abstract

Prasetiyaningrum, Nadiya, 2020. Upaya Guru Dalam
Mengembangkan Ketrampilan Menggambar Anak
Usia Dini Di RA AL-IMAN Desa Nglandung
Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Skripsi.
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi,
M.Ag.
Kata Kunci: Guru, Ketrampilan Menggambar, Anak
Usia Dini
Ketrampilan adalah proses transfer kemampuan
menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang indah, unik
dan menarik kepada orang yang belum mampu
menghasilkannya. Sebagai suatu bentuk transfer
ketrampilan, tentu tidak serta merta dapat diwujudkan
seketika, tetapi melalui proses mental individu yang
melahirkan gagasan, proses, yang efektif yang bersifat
imajinatif, fleksibel dan diferensiasi untuk pemecahan suatu
masalah. Dalam pengembangan ketrampilan sangat penting
dikembangkan sejak dini karena ketrampilan sangat
berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek
perkembangan anak usia dini. Pada penelitian kali ini,
peneliti menemukan beberapa masalah pada ketrampilan
menggambar anak seperti halnya permasalahan yang datang
dari individu maupun non-individu (lingkungan). Fakta
memapaparkan bahwa di beberapa siswa RA AL-Iman tidak
menutup kemungkinan tidak mempunyai rasa bosan dalam
hal berkreasi. Sehingga dapat mempengaruhi mental proses
belajar anak. Hal lain yaitu non-individual (lingkungan)
yang memberi dampak negatif demi keberlangsungan proses
belajar anak.Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab
kesulitan menggambar pada anak usia dini di RA AL-IMAN
desa Nglandung kecamatan Geger kabupaten Madiun. (2)
Untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan
ketrampilan menggambar anak usia di RA AL-IMAN desa
Nglandung kecamatan Geger kabupaten Madiun.Peneliti
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti
konsep yang ditemukan oleh Miles dan Huberman yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data di RA AL-IMAN desa Nglandung
kecamatan Geger kabupaten Madiun ditemukan: (1) Faktorfaktor
penyebab kesulitan menggambar pada anak meliputi;
(a) faktor internal (individual) yang mana seperti halnya
minat bakat yang dimiliki oleh beberapa anak. (b) faktor
eksternal (non-individual) yang mana meliputi peran guru,
peran orang tua dan peran lingkungan yang kemungkinan
berpengaruh besar terhadap perkembangan proses belajar
pada ketrampilan menggambar anak usia dini di RA ALIman.
(2) Upaya guru dalam meningkatkan ketrampilan
menggambar meliputi; (a) pengembangan ketrampilan
melalui imajinasi (seperti menggambar, mewarnai dan
membuat pola), (b) pengembangan ketrampilan melalui
penciptaan produk ( hasta karya) seperti halnya kegiatan
melipat, menggunting, menempel, finger printing dan
mencocok gambar. (c) pengembangan ketrampilan melalui
eksplorasi contohnya bermain lempar bola, mengenal
lingkungan sekitar dan berkebun yang mana nantinya anakanak
dapat melihat, memahami, merasakan dan akhirnya
memunculkan ide dari apa yang mereka alami. (d)
pengembangan ketrampilan melalui eksperimen seperti
halnya guru mengadakan kegiatan percobaan yaitu
pengenalan warna sekunder atau pencampuran warna dari
beberapa warna primer yang nantinya akan menghasilkan
warna baru dan tentunya menambah wawasan anak. (e)
pengembangan ketrampilan melalui bahasa contohnya
mengembangkan kegiatan berbahasa anak, area persiapan
yang terdiri dari kegiatan menulis dan menggambar serta
penyediaan buku gambar yang disarankan disetiap kelas
guna merangsang rasa ingin tahu membaca pada diri anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Efendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jul 2020 04:42
Last Modified: 07 Jul 2020 04:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10735

Actions (login required)

View Item View Item