Pengaruh Lokasi dan Pengetahuan Nasabah Terhadap Minat Menabung pada BRISyariah KC Kediri

Fitriana, Dina (2020) Pengaruh Lokasi dan Pengetahuan Nasabah Terhadap Minat Menabung pada BRISyariah KC Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Dina Fitriana. Pengaruh Lokasi Dan Pengetahuan Nasabah Terhadap Minat Menabung Pada BRI Syariah KC Kediri. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah.

Kata kunci: Lokasi, Pengetahuan, minat menabung.

Penelitian ini berawal dari hasil observasi di mana BRI Syariah KC Kediri sudah terletak di tempat yang strategis. Namun kenyataanya konsep bank konvensional sudah melekat di kalangan masyarakat. Sehingga masih banyak masyarakat yang menggunakan jasa dari bank konvensional. Dan minat menabung masih rendah padahal dari segi lokasi BRI Syariah berada di tempat yang strategis. Dari segi pengetahuan nasabah BRI Syariah KC Kediri mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang cukup mengenai bank syariah, tetapi faktanya masih banyak nasabah yang lebih memilih bank konvensional, bahkan dari hasil wawancara diperoleh hasil banyak yang sudah mengetahui tentang produk-produk dan sistem bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi dan pengetahuan terhadap minat menabung pada BRI Syariah KC Kediri.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis data yang digunakan yaitu data primer. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program aplikasi IBM SPSS 21. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 100 nasabah bank BRI Syariah. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa, lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung pada BRI Syariah KC Kediri, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan uji t sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05. Pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menabung pada BRI Syariah KC Kediri yang dibuktikan dengan nilai sig-t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Secara simultan lokasi dan pengetahuan berpengaruh terhadap minat menabung. Hal ini di buktikan dengan sig-f sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil R2 adalah sebesar 0,721 atau 72,1% hal ini menunjukkan variabel minat menabung yang dijelaskan oleh variabel lokasi dan pengetahuan adalah sebesar 72,1%. Sedangkan sisanya 27,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:04
Last Modified: 07 Jul 2020 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10731

Actions (login required)

View Item View Item