Pengaruh Automatic Teller Machine (ATM) dan Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Syariah KC Madiun

Solikah, Maslakatus (2020) Pengaruh Automatic Teller Machine (ATM) dan Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Syariah KC Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
etheses Maslakatus Solikah 210815075-dikonversi.pdf

Download (847kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Maslakatus Solikah, 2019. tentang Pengaruh Automatic Teller Machine (ATM) dan Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Syariah KC Madiun. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Anjar Kussusiyah, M.Hum.
Kata Kunci: Fasilitas, Pelanggan, Perusahaan
Keberhasilan suatu perusahaan termasuk lembaga keuangan dipengaruhi oleh kepuasan nasabah, karena ketertarikan pelanggan untuk mengulangi pembelian produk perusahaan dipengaruhi oleh kepuasan nasabahnya itu sendiri. Diantara faktor kepuasan nasabah adalah fasilitas ATM dan Mobile Banking, namun fasilitas tersebut belum terlaksana dengan baik terbukti dari penggunaan M-Banking memiliki keterbatasan seperti saat terjadi gangguan jaringan maka akses melalui M-Banking akan terhambat, kemudian tingkat ketersediaan mesin ATM yang masih terbatas dan terjadi debit secara otomatis apabila gagal melakukan transaksi pada ATM bank lain. Maka dari itu kepuasan nasabah perlu mendapatkan perhatian dan pengelolaan agar mencapai hasil yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ATM berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan seberapa besar pengaruhnya, 2) apakah M-Banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan seberapa besar pengaruhnya, 3) apakah ATM dan M-Banking secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan seberapa besar pengaruhnya.
Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan assositif. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah 100 nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji coba menggunakan 30 nasabah di Bank BRI Syariah kantor cabang Madiun. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ATM berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah, semakin baik fasilitas ATM maka semakin baik juga kepuasan nasabahnya, 2) M-Banking berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah, semakin baik fasilitas M-Banking maka semakin baik juga kepuasan nasabahnya, 3) ATM dan M-Banking berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah, semakin baik fasilitas ATM dan M-Banking maka semakin baik juga kepuasan nasabahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anjar Kususiyanah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:03
Last Modified: 07 Jul 2020 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10730

Actions (login required)

View Item View Item