Pengaruh Potongan Harga Dan Bonus Pack Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Studi Kasus Di Alfamart Kabupaten Madiun)

Rohmatin, Nuroh (2020) Pengaruh Potongan Harga Dan Bonus Pack Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Studi Kasus Di Alfamart Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nuroh RM upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rohmatin, Nuroh. PENGARUH POTONGAN HARGA DAN BONUS PACK TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (Studi kasus di Alfamart Kabupaten Madiun).
Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah

Kata Kunci: Potongan Harga, Bonus Pack, Pembelian Tidak Terencana

Pembelian tidak terencana adalah tindakan membeli yang sebelumnya tidak diakui secara sadar sebagai hasil dari suatu pertimbagan, atau niat membeli yang terbentuk sebelum memasuki toko. Promosi potongan harga dan bonus pack memberikan daya tarik atau manfaat lebih, sehingga memungkinkan bagi konsumen untuk membeli barang-barang lain selain yang direncanakan. Namun dalam hal ini konsumen membeli item sesuai rencana belanja artinya tidak membeli item produk tambahan diluar perencanaan sebelumnya, hal tersebut menunjukkan bahwa konsumen Alfamart Kabupaten Madiun tidak melakukan pembelian secara tidak terencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) pengaruh potongan harga terhadap pembelian tidak terencana, (2) pengaruh bonus pack terhadap pembelian tidak terencana, (3) potongan harga dan bonus pack berpengaruh bersama-sama terhadap pembelian tidak terencana.
Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Sedangkan, dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan kuesioner. sampel yang digunakan sebanyak 96 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa uji analisis memberikan hasil sebagai berikut: (1) potongan harga (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana, (2) bonus pack (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana, (3) potongan harga (X1), dan bonus pack (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:01
Last Modified: 07 Jul 2020 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10728

Actions (login required)

View Item View Item