Analisis Pengendalian Internal Dan Metode Persediaan Barang Dagang Di Toserba Cinta Mart Sooko Ponorogo

nurkhasanah, umi (2020) Analisis Pengendalian Internal Dan Metode Persediaan Barang Dagang Di Toserba Cinta Mart Sooko Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL UMI upload.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengendalian internal (internal control) adalah rencana organisasi dan metode yang digunakan untuk menjaga atau melindungi aktiva yang dimiliki perusahaan serta menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Dalam perusahaan dagang perlu mempunyai sistem pengendalian internal pada persediaan barang dagangan untuk mencegah terjadinya kerusakan, pencurian, maupun tindakan penyimpangan lainnya. Persediaan barang merupakan unsur yang sangat penting pada perusahaan dagang. Di dalam persediaan barang dagang ada beberapa metode pencatatan dan metode penilaian persediaan barang dagang. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelaksanaan pengendalian internal pada persediaan barang dagang pada Toserba Cinta Mart dan juga menganalisis metode persediaan barang dagang pada Toserba Cinta Mart.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis menurut sumber datanya termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan survei, partisipasi, observasi,wawancara atau interview, catatan lapangan (fieldnote), dokumentasi, dan pengalaman personal. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toserba Cinta Mart belum sepenuhnya memenuhi unsur-unsur pengendalian internal. Toserba Cinta Mart hanya memenuhi 3 dari 4 unsur pengendalian internal. Unsur yang pertama yaitu sistem organisasi yang memisahkan tugas secara tegas belum dilaksanakan dengan baik. Hal ini karena Toserba Cinta Mart belum melakukan pemisahan tugas antara karyawan bagian gudang dan karyawan bagian display. Selain itu dalam pelaksanaannya, karyawan yang lain pun juga tidak hanya melakukan tugas sesuai job deskripsi mereka melainkan ikut membantu job deskripsi karyawan lainnya. Sedangkan pada analisis metode persediaan barang dagang, Toserba Cinta Mart belum mempunyai catatan khusus untuk barang persediaan yang masuk maupun keluar sehingga untuk mendapatkan informasi tentang persediaan karyawan harus menghitung secara mendadak jumlah persediaan digudang. Selain itu penerapan metode FIFO yang kurang di prioritaskan di Toserba ini membuat barang persediaan banyak yang rusak kemasannya dan kadaluawarsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: yulia anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jul 2020 02:04
Last Modified: 06 Jul 2020 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10726

Actions (login required)

View Item View Item