Komparasi Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Antara yang Mendapatkan dan Tidak Mendapatkan Layanan Bimbingan Konseling di TK se Kecamatan Bungkal Ponorogo tahun ajaran 2019/2020

Ghoziyah, Istifadatul (2020) Komparasi Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Antara yang Mendapatkan dan Tidak Mendapatkan Layanan Bimbingan Konseling di TK se Kecamatan Bungkal Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ISTIFADATUL GHOZIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ghoziyah, Istifadatul.2020.Komparasi Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Antara Yang Mendapatkan Dan Tidak Mendapatkan Layanan Bimbingan Konseling Di Tk Se KecamatanBungkal PonorogoTahun Ajaran 2019/2020.Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pembimbing Edi Irawan, M.Pd.
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Konseling, Penyesuaian Diri, dan Anak Usia Dini.
Kemampuan penyesuaian diri adalah bagian penting yang harus dimiliki oleh setiap anak usia dini dalam lingkungan sosialnya agar anak dapat bersosialisasi di lingkungan dengan baik dan diterima dalam lingkungan barunya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri anak usia dini diantaranya adalah bimbingan konseling dan juga lingkungan sekolah. Kenyataan di kecamatan Bungkal kegiatan bimbingan konseling sudah dilakukan dengan baik di beberapa sekolahan tetapi masih banyak sekolah yang belum melaksanakan bimbingan konseling. Sehingga pada sekolahan yang belum ada layanan bimbingan konselingnya cenderung banyak anak yang bermasalah dalam penyesuaian dirinya seperti tidak bisa mengontrol emosi gampang marah, dan kurang bisa dalam menaati peraturan yang ada di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1)kemampuan penyesuaian diri anak yang mendapatkan Layanan Bimbingan Konseling di TK Se Kecamatan Bungkal Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, (2) kemampuan penyesuaian diri anak yang tidak mendapatkan layanan bimbingan konseling di TK se Kecamatan Bungkal Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, (3) Komparasi Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Antara Yang Mendapatkan Dan Tidak Mendapatkan Layanan Bimbingan Konseling di TK Se Kecamatan Bungkal Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah TK se Kecamatan Bungkal Ponorogo. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel 2 yang diambil secara random dimana 1 sekolah yang terdapat layanan bimbingan konseling dan 1 sekolah yang tidak menggunakan layanan bimbingan konseling, ada 30 responden. Pengumpulan data dengan ceklis dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Untuk uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan rumus analisis uji-t.
Hasil penelitian menujukan bahwa nilai mean pada kedua sekolah berbeda dan lebih tinggi pada TK yang terdapat layanan bimbingan konseling yaitu sebesar 90,17 dibanding TK yang tidak terdapat layanan bimbingan konseling sebesar 73,34. Layanan Bimbingan Konseling yang diberikan oleh guru Bimbingan Konseling untuk mengarahkan penyesuaian diri anak dengan baik secara lebih personal. Seperti pemberian buku penghubung untuk orang tua, memberikan bimbingan secara intensif pada anak yang awal penyesuaian dirinya masih rendah sehingga menjadi sesuai perkembangannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jul 2020 02:08
Last Modified: 06 Jul 2020 06:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item