Analisis Gaya Kepemimpinan Perspektif Ekonomi Islam Pada UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo

Setiyorini, Nuning (2020) Analisis Gaya Kepemimpinan Perspektif Ekonomi Islam Pada UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NUNING SETIYORINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiyorini, Nuning. 2020. Analisis Gaya Kepemimpinan Perspektif Ekonomi Islam Pada UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Aji Damanuri, M.E.I.

Kata kunci: Kepemimpinan, Komunikasi, Kompensasi

Sebagai usaha mikro kecil dan menengah, pelaku bisnis khususnya pimpinan diharapkan mampu menggerakkan roda perusahaan dengan baik sesuai dengan kriteria kepemimpinan. Akan tetapi dalam kepemimpinan masih ada perusahaan yang belum sepenuhnya sesuai dengan kepemimpinan berdasarkan Ekonomi Islam. Seperti pada UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo yaitu kepemimpinan belum sepenuhnya sesuai dengan Ekonomi Islam terutama dalam pengambilan keputusan, komunikasi, dan pemberian kompensasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya, bagaimana analisis kepemimpinan dalam pengambilan keputusan di UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo Perspektif Ekonomi Islam? Bagaimana analisis kepemimpinan dalam pola komunikasi di UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo Perspektif Ekonomi Islam? Serta bagaimana analisis kepemimpinan dalam pemberian kompensasi di UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo Perspektif Ekonomi Islam? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Dengan pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, kepemimpinan dalam pengambilan keputusan di UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo menggunakan gaya kepemimpinan demokratik. Sedangkan dalam Ekonomi Islam pengambilan keputusan berdasarkan dengan musyawarah. Namun, belum sepenuhnya sesuai dengan Ekonomi Islam. Kedua, kepemimpinan dalam pola komunikasi di UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo belum sepenuhnya berdasarkan prinsip-prinsip komunikasi dalam Ekonomi Islam terkait bijaksana dalam berkomunikasi. Akan tetapi keempat prinsip lainnya sudah sesuai berdasarkan prinsip-prinsip komunikasi dalam Ekonomi Islam. Ketiga, kaitannya dengan kepemimpinan dalam pemberian kompensasi berupa gaji ada dua macam yaitu hitungan harian dan borongan, serta belum sepenuhnya memenuhi asas layak serta wajar, karena gaji belum sesuai dengan batas upah minimal pemerintah Kota Ponorogo. Kemudian terkait komponen kompensasi lainnya seperti kompensasi tidak langsung adanya asuransi kesehatan dan makan siang. Akan tetapi, kompensasi berbentuk tunjangan belum ada. Sedangkan terkait kompensasi berupa insentif, UMKM Pengrajin Tas UD Grafika Ponorogo belum adanya pemberian insentif. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pengalaman pimpinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:01
Last Modified: 01 Jul 2020 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10718

Actions (login required)

View Item View Item