Pengaruh Motivasi Orangtua dan Motivasi Guru Terhadap Penumbuhan Budaya Literasi Siswa di MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019

Pradiotama, Winza Yoga (2020) Pengaruh Motivasi Orangtua dan Motivasi Guru Terhadap Penumbuhan Budaya Literasi Siswa di MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210314139_WINZA_YOGA_PRADIOTAMA Baarr.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pradiotama, Winza Yoga. 2020. Pengaruh Motivasi Orangtua dan Motivasi Guru Terhadap Penumbuhan Budaya Literasi Siswa di MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M Nasrullah, M.A. Kata Kunci: Motivasi Orangtua, Motivasi Guru, Budaya Literasi Membaca merupakan jendela dunia, dengan membaca semua orang dapat mengelilingi dunia secara gratis, namun tidak banyak orang yang mempunyai kebiasaan membaca yang teratur. Tingkat minat membaca di Indonesia sangat rendah. Dalam menyikapi perihal ini, maka ditetapkannya gerakan literasi sekolah, seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 23 tahun 2015. Fenomena yang ada di MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo. Dimana penumbuhan budaya literasi masih belum dibiasakan sehingga kurangnya minat baca peserta didik dalam penumbuhan budaya literasi membaca, kurangnya motivasi dari diri sendiri orang tua ataupun guru dalam penumbuhan budaya literasi karena disebabkan oleh berbagai faktor yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh motivasi orangtua terhadap penumbuhan budaya literasi siswa MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo. (2) Ada tidaknya pengaruh motivasi guru terhadap penumbuhan budaya literasi siswa MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo. (3) Ada tidaknya pengaruh motivasi orangtua dan motivasi guru terhadap penumbuhan budaya literasi siswa MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo. Pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 86, yang dijadikan sampel berjumlah 86. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan analisa data untuk rumusan masalah satu dan dua menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana dan untuk rumusan masalah yang ketiga menggunakan rumus analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: (1) berdasarkan table Anova diperoleh F hitung > F tabel (15.832 > 3.96) dan nilai signifikasi < α (0.000 < 0.05) maka Ho ditolak, artinya bahwa motivasi orangtua berpengaruh terhadap penumbuhan budaya literasi siswa di MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo (2) berdasarkan tabel Anova diperoleh F hitung > F tabel (9.040 > 3.96) dan nilai signifikasi < α (0.003 < 0.05) maka Ho ditolak, artinya bahwa motivasi guru berpengaruh terhadap penumbuhan budaya literasi siswa di MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo. (3) berdasarkan tabel Anova diperoleh F hitung > F tabel (10.653 > 3.96) dan nilai signifikasi < α (0.000 < 0.05) maka Ho ditolak, artinya bahwa motivasi orangtua dan motivasi guru berpengaruh terhadap penumbuhan budaya literasi siswa di MA YPI Panjeng Jenangan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Nasrullah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Jun 2020 06:50
Last Modified: 30 Jun 2020 06:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item