Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Utang Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018

Oktafiani, Rufiah (2018) Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Utang Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RUFIAH OKTAFIANI 210716091.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rufiah Oktafiani, 2020. Pengaruh Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Utang Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Anton Sudrajat. M. A.
Kata kunci : Likuiditas, Profitabilitas, Utang
Pengelolaan kebijakan utang pada suatu perusahaan perlu dilakukan secara tepat guna menambah dana yang digunakan untuk memenuhi operasional perusahaan, namun faktanya terdapat masalah dalam pengelolaan utang pada Jakarta Islamic Index (JII) yang disebabkan oleh pengelolaan likuiditas dan profitabilitas yang tidak tepat. Suatu perusahaan yang mempunyai likuiditas yang tinggi, berarti bahwa perusahaan tersebut mampu segera mengembalikan utang-utangnya, sementara profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan memperoleh laba pada periode tertentu. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh likuiditas terhadap kebijakan utang perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018. 2) untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan utang perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018. 3) untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap kebijakan utang perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018, dengan menggunakan teknik totaly sampling didapatkan 30 sampel perusahaan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi terhadap laporan tahunan perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel likuiditas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan utang perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018. Secara simultan, likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap kebijakan utang perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018 dengan besarnya pengaruh sebesar 43,1%. Sedangkan untuk sisanya 56,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anton Sudrajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:07
Last Modified: 30 Jun 2020 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10707

Actions (login required)

View Item View Item