Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas III MI Sabilil Islam Madiun

Costantiya, Adhetika Agustin (2020) Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas III MI Sabilil Islam Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Adhetika Agustin Costantiya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Costantiya, Adhetika Agustin. 2020. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas III MI Sabilil Islam Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah dan Ilmu Keguruaan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M. Pd.

Kata Kunci : Analisis kesalahan, Matematika, Materi Pecahan

Penelitian ini berawal dari hasil wawancara dengan wali kelas III di MI Sabilil Islam Dagangan Madiun. Dimana asih banyak dijumpai siswa yang melakukan kesalahan pada soal matematika terutama pada soal pecahan. Kesalahan yang dilakukan siswa dapat menjadi salah satu petunjuk untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi tersebut. Hal tersebut penting untuk dianalisis dan diidentifikasi untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya kemudian menentukan solusi penyelesaiannya.
Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas II dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan di MI Sabilil Islam Madiun (2) mengetahui faktor penyebab kesalahan dalam menyelesaikan soal soal matematika materi pecahan yang dilakukan oleh siswa kelas III di MI Sabilil Islam Madiun
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuanlitatif dengan memberikan soal-soal kepada subjek penelitian, dalam hal ini siswa kelas III MI Sabilil Islam Madiun, sebagai teknik pengumpulan data serta wawancara mendalam kepada 6 (enam) orang subjek yang dipilih oleh peneliti berdasarkan tingkat kemampuan siswa menggunakan taksonomi SOLO.
Hasil dari penelitian ini (1) jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan Taksonomi SOLO terdiri dari tiga kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan interpretasi bahasa dan kesalahan teknis. Dari ketiga jenis kesalahan tersebut dapat diperoleh tingkat kualitas respon masing-masing siswa. Lima tingkatan kualitas respon siswa berdasarkan Taksonomi SOLO meliputi, Prastruktural, Unistruktural, Multistruktural, Rasional, dan Abstrak diperluas. (2) adapun faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi pecahan sederhana terjadi karena siswa kurang menyukai matematika, apabila belum memahami materi siswa tidka mau bertanya kepada guru, waktu belajar yang kurang, ketidaktelitian siswa dalam mengerjakan soal serta masih ditemuinya siswa yang belum lancar dalam membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:45
Last Modified: 29 Jun 2020 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10702

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item