Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Rempah-Rempah Di Pasar Tradisional Bulukerto Wonogiri Jawa Tengah

Fitriana, Afif Asri (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Rempah-Rempah Di Pasar Tradisional Bulukerto Wonogiri Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Afif Asri Fitriana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afif Asri Fitriana. 2020. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Rempah-Rempah Di Pasar Tradisional Bulukerto Wonogiri Jawa Tengah”. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, M. Ag.
Kata Kunci: jual beli dalam hukum islam, cara cimitan
Jual beli dengan cara cimitan di Pasar Tradisional Bulukerto Kabupaten Wonogiri adalah suatu bentuk jual beli di mana seseorang membeli suatu barang yaitu dengan cara si penjual mengambil langsung barang dagangannya dengan menggunakan tangan tanpa ditakar atau ditimbang terlebih dahulu, sehingga pembeli tidak mengetahui takarannya apakah sudah sesuai dengan harga yang diminta atau belum. Hal tersebut dapat membuat salah satu pihak mengalami kerugian baik dari pembeli maupun penjual, karena cara tersebut hanya menggunakan perkiraan dimana suatu saat penjual bisa saja memberikan barang tersebut lebih banyak dari harga yang diminta, maka akan menimbulkan kerugian bagi penj ual itu sendiri, dan sebaliknya jika penjual mengambil dalam jumlah lebih sedikit dari harga yang diminta, maka hal tersebut dapat merugikan pihak pembeli.
Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: 1). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap akad jual beli rempah-rempah dengan sistem cimitan di pasar tradisional kecamatan Bulukerto Wonogiri? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap takaran atau timbangan atas jual beli rempah-rempah dengan sistem cimitan di pasar tradisional kecamatan Bulukerto Wonogiri?
Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, denan tujuan meahami data dan apa yang dibutuhkan dalam penelitian. Kemudian, analisis yang digunakan menggunakan metode induktiif yaitu menelaah dari data maupun fakta yang bersifat khusus dan diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Praktek jual beli rempah-rempah dengan sistem cimitan di pasar tradisional kecamatan Bulukerto kabupaten Wonogiri merupakan bentuk jual beli di mana penjual mengambil barang dagangannya hanya dengan perkiraan, tanpa menakar atau menimbang barang dagangannya terlebih dahulu. Akad jual beli rempah-rempah dengan sistem cimitan yang berlangsung di pasar tradisional Bulukerto kabupaten Wonogiri telah memenuhi rukun dan syarat-syaratnya jual beli, sehingga tetap sah-sah saja. Kurangjelasnya objek yang diperjualbelikan tidak mengandung unsur kemafsadatan. Karena sewaktu penjual mengambilkan barang dagangannya telah disaksikan oleh pembeli. Antara penjual dan pembeli tidak mempermasalahkan kuantitas obyek yang diperjualbelikan, karena antara penjual dan pembeli saling percaya. 2). Jual beli rempah-rempah dengan sistem cimitan atau memakai kira-kira dalam mengambil barang dagangannya yang berlangsung di pasar tradisional Bulukerto kabupaten Wonogiri merupakan bentuk kebiasaan yang sah. Karena kebiasaan tersebut tidak bertentangan dengan dalil nash al-Qur’an atau as-Sunnah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2020 05:13
Last Modified: 29 Jun 2020 05:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10699

Actions (login required)

View Item View Item