Pemberdayaan Perempuan Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Pada Pelatihan Batik Shibori Di Desa Campurejo, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo

Nisa, Syafiqa Fakhrun (2020) Pemberdayaan Perempuan Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Pada Pelatihan Batik Shibori Di Desa Campurejo, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Syafiqa Fakhrun Nisa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nisa, Syafiqa Fakhrun. Pemberdayaan Perempuan Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Pada Pelatihan Batik Shibori Di Desa Campurejo, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah

Kata Kunci : Proses Pemberdayaan Perempuan, Peran Kemandirian Ekonomi.

Program pemberdayaan perempuan yang diadakan oleh Desa Campurejo, yaitu untuk memberdayakan Ibu PKK yang tidak memiliki kesibukan lain di rumah dan mencegah menjadi TKW. Dengan adanya pelatihan batik, BUMDES memiliki produk unggulan yaitu batik Shibori yang diharapkan dapat dikembangkan untuk mendorong kemandirian ekonomi, tetapi pada kenyataannya ada kesenjangan antara teori dengan praktik terutama dalam hal kemandirian ekonomi, padahal tahapan proses pemberdayaan batik Shibori sudah dilakukan tiga kali, tetapi hanya ada satu orang saja yang mandiri. Ibu PKK yang lainnya hanya memanfaatkan keterampilannya untuk memproduksi kain batik tetapi tidak untuk di jual atau dijadikan usaha.
Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya, bagaimana proses pemberdayaan perempuan pada pelatihan batik Shibori di Desa Campurejo, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo ? Serta bagaimana peran pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan kemandirian ekonomi melalui pelatihan batik Shibori di Desa Campurejo, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo ? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Dengan pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Campurejo, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan peserta yang mengikuti pemberdayaan perempuan dalam pelatihan batik Shibori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama proses pemberdayaan perempuan pada pelatihan batik Shibori di Desa Campurejo, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo adalah sesuai dengan teori proses pemberdayaan, karena sudah menentukan proses pemberdayaan secara bertahap. Kedua, peran pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan kemandirian ekonomi melalui pelatihan batik Shibori di Desa Campurejo, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo adalah pengukuran keberdayaan ekonomi untuk kemandirian belum sesuai dengan teori pengukuran keberdayaan ekonomi, karena peserta pemberdayaan belum percaya diri untuk menghasilkan produk hasil karyanya untuk dijadikan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:27
Last Modified: 02 Jul 2020 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10693

Actions (login required)

View Item View Item