(PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA)pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui majelis ta'lim al-muthmainnah di desa pohijo kecamatan sampung kabupaten ponorogo

Fahmi, Silvina Choirotul (2020) (PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA)pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui majelis ta'lim al-muthmainnah di desa pohijo kecamatan sampung kabupaten ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
HASIL COMBINE TESIS.pdf

Download (8MB)

Abstract

PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI MAJELIS TALIM AL-MUTHMAINNAH
DI DESA POHIJO KECAMATAN SAMPUNG KABUPATEN PONOROGO

ABSTRAK
Penelitian ini membahas proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh jama’ah Majelis Talim Al-Muthmainnah di Desa Pohijo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Bertujuan untuk mengungkap pola dan strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat yang digunakan oleh pengurus Majelis Ta’lim dan pemberdaya sebelum, sedang berlangsung dan sesudah melakukan pemberdayaan serta mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan pemberdayaan ini.
Ketiga rumusan masalah ini akan dikaji menggunakan teori pemberdayaan masyarakat dan perubahan sosial karena berhubungan dengan perubahan yang terjadi di masyarakat. Studi dilakukan di Desa Pohijo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Studi ini mengadopsi pendekatan kualitatif melalui penelitian lapangan tentang kegiatan yang produktif bagi masyarakat berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Studi ini mengungkapkan hasil dari kegiatan pemberdayaan ini yakni dari segi kuliner, masyarakat mampu membuat pentol dan bakso dengan citarasa yang enak. Dari segi peternakan, masyarakat mampu berternak kambing dengan baik hingga kian tahun kian bertambah jumlah kambingnya. Dari segi pertanian, masyarakat mampu bertanam bawang merah dengan metode yang baik sehingga setiap kali panennya tidak pernah gagal. Perubahan sikap serta kebiasaan masyarakat dari hasil yang sudah dicapai dari kegiatan pemberdayaan masyarakat ini sedikit banyak sudah membantu perekonomian jama’ah Majelis Ta’lim khususnya pemberdaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: LUHUR PRASETIYO
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:24
Last Modified: 29 Jun 2020 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10691

Actions (login required)

View Item View Item