Analisis Persepsi Non Muslim Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun

Wardani, Anjani Resti Widia (2020) Analisis Persepsi Non Muslim Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wardani, Anjani Resti Widia. Analisis Persepsi Non Muslim Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di
Bank Jatim Syariah Cabang Madiun. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah.
Kata kunci: ekonomis, agamis, cepat, ramah, terpercaya.
Persepsi merupakan Persepsi merupakan salah satu aspek psikologis yang penting bagi manusia dalam merespon kehadiran berbagai aspek dan gejala di sekitarnya. Persepsi mengandung pengertian yang sangat luas, menyangkut intern dan ekstern. Berbagai ahli telah memberikan definisi yang beragam tentang persepsi, walaupun pada prinsipnya mengandung makna yang sama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, persepsi adalah tanggapan atau penerimaan langsung dari sesuatu. Proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui panca inderanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis menganalisi persepsi non muslim terhadap keputusannya menjadi nasabah di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana persepsi non muslim terhadap keputusannya menjadi nasabah di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun ? (2) Faktor apa saja yang membentuk persepsi non muslim bersedia menjadi nasabah di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun ?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi yakni penggabungan antara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Jatim Syariah Cabang Madiun sebanyak 30 nasabah. Peneliti menemukan 7 orang informan untuk bahan penelitian. Teknik pengolahan data yakni mereduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan atau verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi non muslim terhadap keputusannya menjadi nasabah di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun yakni positif dikarenakan adanya indikator yang berperan dalam pembentukan persepsi yaitu perhatian yang selektif, objek yang dipersepsikan, alat indera dan rangsang, pengalaman terdahulu dan pengaruh dari luar.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:22
Last Modified: 29 Jun 2020 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10690

Actions (login required)

View Item View Item